Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT menyampaikan sambutan saat peluncuran lima bus vaksinasi

Gencar Tangani Covid-19, Pemko Pekanbaru Luncurkan Lima Bus Vaksinasi

Senin, 31 Mei 2021 - 11:12:53 WIB

PEKANBARU - Penanganan Covid-19 di Kota Pekanbaru gencar dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Mulai dari vaksinasi massal dengan menggandeng berbagai pihak, hingga meluncurkan lima unit bus vaksinasi keliling. 

Bus ini menyasar calon penerima vaksin Covid-19 hingga ke pemukiman warga. Lima bus vaksin keliling ini diluncurkan langsung oleh Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT, di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Kamis (27/5/2021). 

Walikota didampingi Wakil Walikota Pekanbaru H Ayat Cahyadi, dan sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru, kegiatan peluncuran berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Walikota mengatakan, peluncuran bus vaksin keliling ini sebagai upaya Pemko dalam percepatan vaksinasi covid-19. Hal ini juga ikhtiar Pemko dalam memerangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang masih mewabah. 

Loading...

Selain melaksanakan vaksinasi massal di sejumlah tempat, bus vaksin ini diharapkan dapat memudahkan calon penerima vaksin untuk mendapatkan vaksin. "Bus ini nanti dapat menjangkau hingga ke tingkat lurah dan RT/RW. Menyentuh langsung ke pemukiman masyarakat," terangnya.


Kehadiran bus vaksin keliling ini membantu kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dalam memperoleh vaksin. Apalagi lansia ini cukup sulit untuk bepergian jauh. Nantinya lansia cukup menunggu di rumah mereka untuk penyuntikan vaksin. 

Sesuai prioritasnya, Bus vaksin keliling ini diperuntukkan bagi kelompok lansia. Kemudian ada kelompok guru, rohaniawan, dan pekerja ekonomi. Masyarakat cukup menunjukkan identitas diri berupa KTP agar dapat memperoleh vaksin. 

"Vaksin ini untuk membangun imun, kekebalan secara massal. Maka vaksinasi ini wajib," jelasnya. 

Ia mengungkapkan, target Pemko Pekanbaru hingga akhir tahun dapat melakukan vaksinasi bagi 730.000 penduduk Pekanbaru, atau sekitar 70 persen dari total penduduk Pekanbaru. 

Sementara jumlah warga yang telah divaksin baru berkisar 100.000 penduduk Pekanbaru. Artinya masih ada sekitar 630.000 warga lagi yang harus divaksin. 

Ia juga memasang target kepada Satgas untuk setidaknya melakukan vaksinasi terhadap 100.000 warga setiap bulannya. "Ini untuk mengejar target kita sampai akhir tahun ini. Kita juga sudah meminta kepada menteri kesehatan dan juga bapak Presiden untuk vaksin tambahan," jelasnya. 


Pemko meminta vaksin tambahan 100.000 dosis setiap bulannya, dan diharapkan permintaan ini diakomodir sepenuhnya oleh pemerintah pusat. Satgas sendiri saat ini, selain melakukan vaksinasi massal di sejumlah tempat, vaksin reguler juga terus berjalan. 

Vaksin reguler ini berlangsung di 21 Puskesmas dan rumah sakit pemerintah, swasta dan klinik yang telah dikerjasamakan. Ia juga mengimbau agar pasien positif tanpa gejala atau OTG harus menjalani isolasi dengan baik. Mereka diimbau melakukan isolasi mandiri secara maksimal. Satgas Covid-19 kelurahan diminta untuk tetap melakukan pengawasan bagi OTG. 

Dalam peluncuran Bus vaksin keliling ini, Walikota juga melihat langsung proses penyuntikan vaksin di dalam Bus. Firdaus juga mengecek kelengkapan sarana dan prasarana vaksinasi. Kemudian secara seremonial Bus dilepas ditandai dengan pengangkatan bendera pelepasan. (Advetrorial)




Baca Juga Topik #Pemko Pekanbaru+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+