Logo Tirainews.com

Banjir Menghantui Meski Masterplan Selesai, Begini Penjelasan Sekda Pekanbaru

Banjir Menghantui Meski Masterplan Selesai, Begini Penjelasan Sekda Pekanbaru
Muhammad Jamil | Dok. pekanbaru.go.id

Tirainews.com - Banjir masih terjadi di Kota Pekanbaru meski masterplan pengendalian banjir sudah selesai, Sebab, saat ini Pemerintah Kota (Pemko) masih menjalankan strategi penanganan jangka pendek.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil juga menjelaskan, masterplan yang sudah dirancang, ke depan akan diaplikasikan di lapangan. Artinya, strategi jangka menengah dan jangka panjang akan dijalankan untuk melakukan maksimalkan penanganan banjir.

"Curah hujan tinggi pasti ada dampak bagi Pekanbaru. Tapi sudah ada masterplan. Ini kan baru masterplan, ke depan kita menyusun anggaran. Kita menindaklanjuti di mana titik-titik yang rawan, sehingga kita bisa mengerjakan nanti," kata Sekda, Selasa (2/11).

Saat ini, Pemko masih menjalankan strategi jangka pendek, seperti pengerukan sungai dan drainase. Jamil menyebut, langkah itu cukup efektif meminimalisir banjir.

"Jangka pendek kita normalisasi parit-parit yang tersumbat. Mana yang dangkal kita gali. Sungai Sail kan sudah mulai digali. Kalau pun ada banjir, sekarang lebih cepat surut," kata dia.