Logo Tirainews.com

Gelar Pameran Foto, PFI Pekanbaru Ambil Bagian dalam Aksi Germas Kemenkes

Gelar Pameran Foto, PFI Pekanbaru Ambil Bagian dalam Aksi Germas Kemenkes
Gelar Pameran Foto, PFI Pekanbaru Ambil Bagian dalam Aksi Germas Kemenkes

Tirainews.com - Pewarta Foto Indonesia Pekanbaru ikut ambil bagian dalam kegiatan Aksi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan mengadakan yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia di GOR Tribuana Pekanbaru, Rabu (29/12/2021). 

Dalam Aksi Germas itu PFI menghadirkan pameran foto yang bertemakan Germas, hidup sehat, pelaksanan vaksinasi, sertakan penerapan prokes di tengah-tengah masyarakat. 

Menurut ketua kegiatan pameran PFI Pekanbaru Wahyudi, ada 16 foto yang dipamerkan di Aksi Germas. Foto foto merupakan karya dari anggota PFI Pekanbaru yang juga wartawan dari media media yang ada di Riau. Karya yang dihasilkan merupakan karya yang diciptakan periode 2020-2021.

Menurut Wahyudi  menyebutkan, bahwa sejak pandemi pewarta foto telah turut serta membantu pemerintah dalam melakukan peliputan dengan isu vaksinasi dan Germas untuk mensosialisasikan ke seluruh masyarakat. 

PFI Pekanbaru telah berada digarda terdepan dengan mengambil resiko dalam peliputan isi isu vaksinasi. "Kita tau bahwa di awal-awal pandemi peliputan isi corona memiliki resiko besar tertular, dan alhamdulillah teman teman sehat dan saat ini seluruh anggota PFI telah di vaksin. Kami merasa senang PFI Pekanbaru ikut ambil bagian dalam mendukung program pemerintah, dan siap berkolaborasi dengan lembaga institusi lainya," ujar Wahyudi. 

Beberapa karya foto yang ditampilkan diantaranya objek foto seorang siswa SMP mengikuti pelaksanaan vaksinasi di sekolah. Karya foto dari fotografer Evan Gunanzar Riau Pos ini menampilkan pelaksanaan proses dan vaksinasi di SMP 25 Pekanbaru. 


Sementara pada foto yang lain karya fotografer Tribun Pekanbaru Theo Rizky  menampilkan  objek foto ajakan penerapan prokes bagi pedagang di pasar Agus Salim Pekanbaru. 

Sementara itu Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Riau Rozita SE mengatakan, Aksi Germas hari ini menjadi Percontohan menggerakkan masyarakat terkait kemitraan pentahelix. Riau mendapatkan apresiasi juara dua terbaik nasional regional barat, iven hari ini akan menjadi percontohan bagi daerah lain di Indonesia yang akan dilakukan pada tahun 2022. 

"Hasil karya foto kawan kawan PFI Pekanbaru turut serta membantu program pemerintah, karena menampilkan kegiatan vaksinasi, kesehatan, Prokes dan gerakan hidup sehat," jelasnya. 

Kata dia, banyak strategi yang harus diberikan untuk masyarakat, seperti mengoptimalkan segala potensi dengan merangkul media sosial, media online, media cetak, televisi dll untuk mengedukasi melalui gambar visual, publikasi-publikasi. Berita baik harus disampaikan ke masyarakat apalagi terkait hal gaya hidup sehat yang tergambar dari foto foto kawan kawan PFI. 

"Mewakili pimpinan, saya ucapkan terima kasih ke teman teman PFI, apalagi selama covid memberikan gambar-gambar visual, bagaimana kita mengedukasi, menggugah masyarakat untuk melaksanakan prokes, maupun melaksanakan vaksinasi," ujar Rozita. 

Aksi Germas di GOR Tribuana di buka oleh Wakil gubernur Riau Edy Natar, saat itu Wagubri tampak meninjau sejumlah stand dan berdialog, Selain pameran foto, Aksi   juga mengadakan vaksinasi, cek kesehatan, pembagian sayur bagi pengunjung.