Logo Tirainews.com

Pidato Jokowi Tentang Budaya Santun dan Budi Pekerti Perlu Direnungkan

Pidato Jokowi Tentang Budaya Santun dan Budi Pekerti Perlu Direnungkan

Tirainews.com - Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Dr M Idris Laena menyatakan pidato Presiden Joko Widodo yang disampaikan pada sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama MPR-DPR serta DPD Rabu (16/8/2023) ada yang menarik dan perlu direnungkan.

Di dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan tentang budaya santun dan budi pekerti luhur mulai hilang. Ucapan Jokowi di dalam pidato itu patut untuk dijadikan bahan renungan.

Menurut Idris Laena yang juga Ketua Umum Satkar Ulama Indonesia, kebebasan berpendapat baik secara langsung maupun melalui media sosial, tidak berarti membuat setiap individu dapat mengungkapkan apa saja kepada orang lain.

"Kita bersyukur bahwa memiliki Presiden yang dengan sabar dapat menerima cercaan tetapi sebagai Warga Negara yang dididik untuk memahami nilai-nilai Pancasila, tentu hal tersebut tidak bisa dibiarkan," ujar Idris Laena.

Karena itu, sebagai ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Idris Laena mengusulkan program pendidikan moral Pancasila dihidupkan kembali di lembaga-lembaga pendidikan Formal.

"Bagaimanapun di dalam doktrin Pancasila terdapat Norma-norma yang digali dari budaya Luhur Bangsa Indonesia," ucap Idris Laena.