Logo Tirainews.com

HUT ke-74 PGRI, Guru Diharapkan Lakukan Perubahan

HUT ke-74 PGRI, Guru Diharapkan Lakukan Perubahan
Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT menyerahkan penghargaan kepada Kepala SMP Negeri 4 Rukiah sebagai sekolah sahabat keluarga.(ist)

Tirainews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar upacara HUT ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP), Senin (25/11/2019). 

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT menjadi Inspektur Upacara. Walikota saat upacara berlangsung membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim. 

Para guru diminta melakukan perubahan pola mengajar dan menggali potensi anak didik dalam menemukan bakatnya masing-masing.

Walikota mengatakan, pesan Mendikbud Nadiem Makarim cukup pendek dan tegas. Para guru diperintahkan segera melakukan perubahan di dalam kelas masing-masing. 

"Sekali lagi, segera lakukan perubahan. Sekecil apapun perubahan itu dilakukan," kata Walikota.

Perubahan yang dimaksud adalah komunikasi dua arah antara guru dan anak didik dengan inovasi-inovasi. Kemudian, guru juga jangan hanya mengerjakan pekerjaan rutin dan administratif saja. 

"Tetapi, lakukanlah inovasi dan ajaklah anak keluar kelas. Karena belajar di dunia nyata akan mempercepat menggali potensi diri," jelasnya. 

Kemudian, setiap anak tumbuh dengan pemikiran yang berbeda-beda. Bagi anak yang lambat pertumbuhannya mesti didorong. "Agar, mereka mampu menemukan potensi diri. Artinya, lakukanlah perubahan," sebutnya.

Lanjutnya, dengan berinovasi kualitas pendidikan akan lebih baik. Maka, perubahan perlu dilakukan untuk mengakselerasi pendidikan. Agar, Indonesia mampu mempersiapkan generasi milenial menjadi generasi yang unggul pada lima tahun ke depan. 

"Generasi yang unggul akan membawa negeri ini sejahtera bagi bangsa dan negara," jelasnya.