Logo Tirainews.com

Ramadan di Tengah Pandemi Corona, Perangkat Desa dan Babinsa Imbau Masyarakat

Ramadan di Tengah Pandemi Corona, Perangkat Desa dan Babinsa Imbau Masyarakat

Tirainews.com - Bulan Ramadan tahun ini memiliki suasana yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Akibat pandemi Corona, sejumlah kegiatan yang biasa dilakukan saat menyambut ibadah puasa, seperti buka bersama pun tidak bisa dilakukan tahun ini.

Oleh karenanya, Camat Kepenuhan Hulu, Babinsa Koramil 14/Kpn Serda Hariyanto, bersama tokoh adat dan Kades Kepenuhan Hulu melakukan pembahasan untuk menyosialisasikan imbauan pelaksanaan ibadah puasa di tengah pandemi Corona ini kepada masyarakat.

"Ibadah tahun ini berbeda suasananya karena Corona. Bapak Menteri Agama juga menerbitkan surat edaran terkait panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 syawal 1441 H," ujar Camat.

Sementara itu, Babinsa Serda Hariyanto mengatakan pihaknya tak henti-hentinya memberikan imbauan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan yang harus diikuti dalam kegiatan sehari-hari selama pandemi Corona tersebut. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan sebagainya.

"Kemudian untuk Ramadan, ada beberapa imbauan lagi, salat tarawih dikerjakan sendiri atau bersama keluarga, tadarus dirl rumah saja, dan tidak ada buka bersama. Takbiran keliling serta salat Idul Fitri juga ditiadakan, halal bihalal atau silaturahmi dilakukan dengan media sosial," paparnya.

Ia mengatakan imbauan ini merupakan upaya perlindungan bagi pegawai serta masyarakat muslim agar terhindar dari Covid-19. Iapun berharap semua pihak dapat saling bersinergi untuk memutus rantai penyebaran virus Corona sehingga virus tersebut dapat hilang sebelum lebaran.

"Imbauan pemerintah ini wajib. Kita laksanakan ini semua demi keselamatan dan untuk putus nya penyebaran Covid-19. Mumpung di bulan suci Ramadan banyaklah berdoa biar cepat berlalu wabah virus ini," tegasnya.