Logo Tirainews.com

PSBB Tahap II Segera Berakhir, DPRD Pekanbaru Minta Segera Tuntaskan Penyaluran Bantuan

PSBB Tahap II Segera Berakhir, DPRD Pekanbaru Minta Segera Tuntaskan Penyaluran Bantuan
Tengku Azwendi Fajri (net)

Tirainews.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru bakal berakhir dua hari lagi. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera menuntaskan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19. 

PSBB tahap II akan segera berakhir, 14 Mei 2020 mendatang. Seperti yang telah disepakati, Anggota DPRD dan Tim Gugus Covid-19 Pekanbaru beberapa waktu lalu, penyaluran Bansos akan menggunakan data RT RW yang telah diverifikasi oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru.

"Untuk tahap kedua ini, kemarin saya sudah minta kepada ketua tim Gugus Covid-19 agar meng-clearkan (meneyelesaikan,red) serta mengevaluasi kekurangan atau kelemahan penyaluran nya," kata Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri, Senin (11/5/2020). 

Penyaluran Bansos hingga ke tingkat RT dan RW akan diawasi langsung oleh para wakil rakyat. "Kita akan lakukan pengawasan di setiap kegiatan ini, begitu juga pun dengan RT RW yang melakukan pendataan dan penyaluran, apakah sudah benar sampai atau belum," kata dia. 

Lanjutnya, jika ditemui adanya penyimpangan, dewan mengharapkan agar ditindaklanjuti oleh aparat penegak hukum. Politisi Demokrat ini juga meminta agar mahasiswa yang saat ini masih berada di Kota Pekanbaru juga masuk kedalam data penerima Bansos. 

"Terhadap mahasiswa yang tidak bisa pulang, kami akan inventarisir agar mereka bisa mendapat bantuan. Pemko pun juga memperhatikan, baik itu melalui kelompok mahasiswa mereka atau melalui kampus nya," tambahnya.

Wendi kembali menegaskan, bahwa siapa pun yang tinggal di Pekanbaru itu adalah warga Pekanbaru yang wajib mendapat bantuan sesuai dengan keuangan daerah.