Ilustrasi (net)

Seperti Apa Pengaruh Minum Kopi Saat Sahur? Ini Faktanya

Ahad, 17 Mei 2020 - 04:14:01 WIB

Tirainews.com - Banyak ahli yang menyarankan agar tidak Minum kopi saat sahur. Sebab, kopi berpengaruh buruk terhadap kesehatan jika dikonsumsi saat sahur.

Dokter spesialis gizi klinik, dokter Inge Permadhi, mengungkapkan kopi merangsang keluarnya air seni lebih banyak dan menyebabkan haus. Untuk itu, sebaiknya hindari minum kopi di waktu sahur.

"Kopi menyebabkan berkemih menjadi lebih banyak, sehingga menyebabkan rasa haus saat berpuasa," ujar Inge.

Kata dia, minuman yang disarankan dapat dikonsumsi saat sahur bisa air putih, jus buah, atau susu. "Kalau misalnya ingin kopi kekinian, ada beberapa orang yang tidak tahan kalau langsung minum kopi (saat berbuka), karena kopi itu bersifat asam, jadi janganlah, tapi, kalau dia sudah makan, dan istirahat dengan keadaan perut sudah terisi, boleh," imbuhnya.

Loading...

Minum kopi usai berbuka dan makan malam misal satu gelas tidak masalah, asal dalam mengonsumsi tidak berlebihan. Pendapat senada diutarakan dr. Puspita Dyah Ardyani dari Medicelle Clinic Surabaya menyarankan untuk tidak minum kopi atau teh saat sahur.

"Biasanya orang sahur ingin yang hangat-hangat. Tapi kopi atau teh sebaiknya dihindari, kalau ingin yang hangat bisa diganti dengan susu atau yang lainnya," sarannya.

Ia menjelaskan, dua minuman tersebut merupakan jenis minuman diuretik. "Teh dan kopi termasuk dalam diuretik, artinya dapat menyebabkan sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh juga akan cepat berkurang dan dapat menyebabkan dehidrasi," jelasnya.

Ternyata tidak hanya itu risiko minum kopi saat sahur. Berikut beberapa pengaruh jika minum kopi saat sahur.

Sifat asam pada kopi dapat meningkatkan kadar asam lambung

Kopi memiliki sifat asam. Mengonsumsi minuman yang bersifat asam saat perut dalam keadaan kosong seperti ketika bangun tidur beresiko meningkatkan sekresi asam lambung.

Sekresi asam lambung yang berlebihan ini dapat menyebabkan dinding lambung terkikis yang kemudian menyebabkan rasa perih dan mual. Sehingga kamupun akan merasa tidak nyaman seharian.

Konsumsi kopi dengan gula juga beresiko meningkatkan kadar gula darah

Karena rasanya pahit, banyak orang yag menghidangkannya dengan dicampur gula.

Nah, mengonsumsi gula saat perut dalam keadaan kosong dapat membuat gula mudah terserap oleh tubuh. Hal ini berdampak pada meningkatnya kadar gula darah secara drastis.

Tingginya kadar gula dalam darah tentu dapat mendatangkan berbagai penyakit seperti diabetes dan jantung.

Tapi ada kabar baik, untuk para pecinta kopi, supaya tetap bisa mengonsumsi kopi saat sahur dengan syarat kopinya sudah dihilangkan atau dikurangi kadar kafeinnya.

Ini dimaksudkan agar lebih aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki lambung sensitif atau intolerant terhadap kafein.




Baca Juga Topik #kesehatan+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Serba-serbi

Ini yang Terjadi Jika Kamu Lewatkan Makan Sahur

Sabtu, 09 Mei 2020
Serba-serbi

Cara Alami Ini Bisa Mengobati Sakit Gigi Anak

Kamis, 28 November 2019
Serba-serbi

Hindari Gigi Berlubang dengan 5 Langkah Ini

Senin, 06 Januari 2020
Serba-serbi

7 Cara Ini Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda

Selasa, 03 Desember 2019
Serba-serbi

5 Makanan yang Membantu Bakar Lemak Saat Tidur Malam

Ahad, 24 November 2019