Logo Tirainews.com

Hindari 5 Minuman Ini, Bisa Picu Sakit Jantung

Hindari 5 Minuman Ini, Bisa Picu Sakit Jantung
ilustrasi (net)

Tirainews.com - Ketika aliran darah tiba-tiba berhenti, saat itulah orang mengalami serangan jantung. Parahnya, kondisi itu seringkali ada tanda-tanda sebelumnya.

Untuk itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan diet sehat. Tak hanya soal makanan, minuman pun perlu diperhatikan. Disadari atau tidak, beberapa jenis minuman ternyata berpotensi memicu serangan jantung.

Berikut lima minuman yang bisa picu serangan jantung:

1. Soft drink

Tidak mengejutkan kalau soft drink atau minuman bersoda bisa memicu serangan jantung. Anda bisa mengecek label kemasan dan memperhatikan kandungan gulanya. Mungkin 'jatah' konsumsi gula harian Anda nyaris habis gara-gara sekaleng soda.

"Riset menemukan minuman bergula bisa meningkatkan penyakit jantung, yang mana penyebab utama serangan jantung," kata dokter Cedrina Calder, mengutip dari Eat This.

Dia melanjutkan studi terbaru menunjukkan orang yang minum lebih dari 350 mililiter soda tiap hari memiliki kadar lemak darah tidak normal yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca juga : Konsumsi 6 Jenis Protein Ini Saat Melakukan Diet

2. Kopi

Mungkin ini kabar buruk buat penggemar kopi. Minuman yang kerap digaungkan memiliki aneka manfaat kesehatan ini ternyata juga menyimpan bahaya. Jika konsumsi kopi berlebihan, maka bisa memicu serangan jantung.

Sebuah studi menemukan orang yang minum lebih dari 6 cangkir kopi per hari atau lebih, meningkatkan lipid (lemak) pada darah. Lemak inilah yang bisa menghambat aliran darah dan menimbulkan serangan jantung.

Hanya saja, minum kopi satu cangkir pun tetap bisa membawa dampak buruk buat jantung. Ahli gizi Ahmed El-Sohemy menyebut untuk orang dengan beberapa faktor risiko penyakit jantung dan mereka yang kurang gerak (sedenter), minum secangkir kopi bisa jadi masalah besar.

"Untuk mereka yang bukan peminum kopi rutin dan punya faktor risiko lain, mendapat sentakan kafein bisa jadi sentakan buat sistem [organ]," kata El-Sohemy mengutip dari WebMD.

3. Minuman energi

Minuman energi diklaim mampu memberikan suntikan energi instan saat tubuh loyo. Namun minuman ini juga bisa mengantarkan Anda ke rumah sakit akibat serangan jantung. 

Juni 2021 lalu seorang pria Inggris, Lee Kamen terkena serangan jantung karena konsumsi rutin minuman energi. Kamen bisa menghabiskan 8-12 kaleng minuman per hari.

"Saya terus bekerja dan minum minuman energi agar tetap bisa kerja. Ini mungkin terjadi selama setahun. Satu hari saya pingsan dengan serangan jantung dan harus pasang stent (ring jantung), saya sekarang dalam pengobatan seumur hidup karena minuman berbahaya itu," kata Lee Kamen mengutip dari Hull Live.

Apa yang Kamen alami juga bisa Anda alami. Calder menyebut minuman energi bisa meningkatkan risiko serangan jantung dengan meningkatkan tekanan darah dan mengakibatkan ritme jantung tidak normal.

Baca juga : Minum Ramuan Lada Hitam, Ini 5 Manfaat Bagi Tubuh

4. Minuman alkohol

Konsumen minuman beralkohol lebih berisiko terkena serangan jantung dibanding yang bukan. Baik perempuan maupun laki-laki sama-sama dibayangi risiko penyakit ini. 
Namun riset menemukan perempuan yang rutin minum minuman beralkohol lebih berisiko mengalami penyakit jantung daripada laki-laki yang juga minum rutin. Seperti kopi, sebaiknya konsumsi minuman beralkohol dilakukan secara moderat.

5. Milkshake

Minum milkshake saat cuaca panas seperti menghadirkan surga ke dunia. Ternyata sensasi manis, dingin dan creamy ini bisa berbahaya. Gula dan lemak jenuh akan memicu serangan jantung.

"Beberapa riset bahkan menyebut bahwa cukup satu makanan tinggi lemak bisa memicu penyakit jantung pada beberapa orang," ujar Calder.

Bukan berarti Anda tidak boleh minum milkshake. Sebaiknya jadikan milkshake sebagai 'treat' di akhir pekan, bukan konsumsi harian.