Logo Tirainews.com

Waspada Penularan Virus Corona, Babinsa Koramil 01/BKN Imbau Masyarakat Gunakan Masker

Waspada Penularan Virus Corona, Babinsa Koramil 01/BKN Imbau Masyarakat Gunakan Masker

Tirainews.com - Virus Corona (Covid 19)  sudah menyebar hingga ke seluruh provinsi di Indonesia, bahkan sudah banyak masyarakat di berbagai daerah yang terjangkit.

Mengantisipasi menyebaran dan penularan Virus tersebut, Babinsa Koramil 01/BKN Kodim 0313/KPR Sertu S Tanjung melakasanakan sosialisasi bahaya dan antisipasi penularan bahaya dari virus tersebut. Ia juga mengimbau masyarakat gunakan masker, di Desa Kuok, Kecamatan Kuok, Senin (1/6/2020).

"Virus Corona atau disebut juga dengan (Covid-19) sebetulnya, Virus ini menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas meski begitu virus ini sangat berbahaya bagi orangtua yang fisik begitu sudah lemah dan bisa infeksi, beberapa jenis virus corona ternyata bisa berdampak serius dan virus corona jenis baru ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China," kata Sertu S Tanjung. 

Sebagai ciri dari virus corona di sebut kebanyakan menyebar seperti melalui penderita influenza pada umumnya, batuk dan bersin mereka yang terinfeksi, penyebaran juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, atau bagian lain yang umum disentuh oleh penderita.

"Selaku Babinsa saya tidak ingin wabah Virus tersebut menyebar dan menyerang warga binaan saya, maka dari itu saya selalau mengingatkan kepada masyarakat binaan agar waspada dan selalu mengunakan masker serta menjaga kebersihan diri dan keluarga," jelasnya. 

Lanjutnya, Virus corona mempunyai gejala mirip dengan flu biasa Gejala lainnya pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan demam, bagi orang yang sistem kekebalan tubuhnya sedang lemah, misalnya orang tua dan anak-anak, virus ini bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius, mulai dari pneumonia sampai bronchitis.

"Terkait cara pencegahannya, masyarakat diharapkan selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan air mengalir dengan sabun atupun Handcrub (Antiseptik), tutup hidung dan mulut dengan tisu atau gunakan masker saat batuk dan bersin, untuk sementara waktu hindari tempat keramaian, jangan melakukan kegiatan diluar rumah apabila kegiatan tersebut tidak terlalu penting," imbuh Babinsa.