Logo Tirainews.com

Walikota Pekanbaru Tunjuk Plt Sekda Akhir Bulan Ini, Siapa Pengganti M Noer MBS?

Walikota Pekanbaru Tunjuk Plt Sekda Akhir Bulan Ini, Siapa Pengganti M Noer MBS?
Dr Firdaus MT

Tirainews.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru bakal dijabat oleh pelaksanaan tugas (Plt), akhir bulan ini. Hal itu diungkapkan Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT, Jumat (5/6/2020) siang. 

"Prosesnya kan panjang. Memang untuk tahap awal, berkaitan dengan KASN memang sudah ada yang keluar, tapi masih ada yang harus kita diskusikan. InsyaAllah kalau semua sudah tuntas nanti kita rencanakan akhir bulan ini," kata Walikota. 

Ditanya apakah sudah ada nama yang muncul untuk pengganti Sekda M Noer, Ia mengaku belum ada. "Belum. Sekda itu assessment. Itu yang ada nanti Plt (Pelaksana tugas). Plt dulu. Rencana kita akhir bulan ini. Mudah-mudahan Covid aman, kita baru penyegaran. Prosesnya juga belum tuntas," jelasnya.

Ia menjelaskan, pembinaan kepegawaian dari 5 tahun lalu berubah drastis. Kalau 5 tahun lalu, saat Ia masih periode pertama, semua bisa diputuskan oleh Walikota saja. "Sekarang ndak, itu kita juga dari hasil pembahasan ada lagi pandangan mereka (KASN), diskusi lagi," jelasnya. 

Selama Covid, Ia mengaku beberapa kali Video conference dengan KASN, mendiskusikan. Artinya, kata dia, pemerintah sangat peduli dengan penyegaran organisasi. Di sisi lain, karir pegawai negeri juga tidak diabaikan. Jadi jika dipastikan digeser, kata dia, pemerintah juga memikirkan seperti apa nanti karir pegawai. 

"Kalau diteruskan, kinerja bagaimana. Jadi dua sisi, kinerja, karir. Karir diperhatikan, kinerja juga harus jadi pertimbangan. Kalau kinerja tak baik, ya ganti. Tapi mau kemanakan," kata dia.