Logo Tirainews.com

RSF Duri Angkat Bicara Terkait Bau Busuk Yang Diduga Dari PKS PT SIPP

RSF Duri Angkat Bicara Terkait Bau Busuk Yang Diduga Dari PKS PT SIPP

Tirainews.com - Prihatin terhadap bau tak sedap yang kerap dirasakan masyarakat Jalan Kayangan Kecamatan Mandau saat malam hari yang diduga berasal dari Pabrik Kelapa Sawit PT Sawit Inti Prima Perkasa (PKS PT SIPP) yang berada di Jalan Rangau KM 6, Komunitas Pecinta Lingkungan Rimba Satwa Foundation (RSF) Duri angkat bicara.

Keresahan tersebut disampaikan langsung oleh Zulhusni Sukri selaku Ketua Komunitas Pecinta Lingkungan (RSF) Duri kepada wartawan melalui sambungan WhatsAppnya.

"Kita sudah resah dengan aroma bau busuk diduga berasal dari pabrik PT. SIPP ini. Bau busuk ini cendrung kita rasakan diwaktu-waktu tertentu dan cendrung dirasakan pada malam hari. Sebab  basecamp kami berada di jalan kayangan kelurahan Babussalam,dimana jarak atau radius 4-5 km dari PKS SIPP," ungkapnya, Rabu (29/7/2020).

Masih kata Zulhusni, apa yang dirasakannya ternyata juga sama dirasakan oleh masyarakat kelurahan  Pematang Pudu, kelurahan Air Jamban dan masyarakat Kelurahan Babussalam terlebih masyarakat sekitar PKS sangat terganggu dengan aroma bau busuk yang menyengat.

"Tentunya hal ini menjadi pertanyaan bagi kita terhadap PKS ini terkait prosedur berdirinya Pabrik yang diduga tidak punya kebun inti. Nah, dari mana sumber buah yang didapat pabrik?, Apakah PKS ini menampung buah sawit dari kawasan hutan Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja?. Kami berharap, PKS ini tidak menampung buah dari kawasan hutan SM dan ikut berkontribusi untuk kehancuran SM Balairaja," ujarnya.

Ketua RSF Duri tersebut juga berharap kepada anggota DPRD Bengkalis dan DLHK segera menyelesaikan dengan tuntas persoalan ini.

"Masyarakat butuh hidup nyaman, PKS harus memperhatikan dengan baik dan serius terhadap dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh aktifitas parik ini. Kami berharap, DPRD dan DLH kabupaten Bengkalis untuk segera turun menyikapi keluhan masyarakat dilingkung PKS PT. SIPP," harapnya.

Terkait hal tersebut, wartawan mencoba mengkomfirmasi kepala humas PKS PT SIPP yakni, Zainul Hasan Tanjung melalui sambungan WhatsAppnya. Namun humas tersebut belum memberi keterangan.