Logo Tirainews.com

Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas Desa Lalang Kabung Patroli dan Sosialisasi

Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas Desa Lalang Kabung Patroli dan Sosialisasi

Tirainews.com - Cuaca yang panas, curah hujan yang sedikit ditambah wilayah Kecamatan Pelalawan terbentang areal gambut yang luas, membuat rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Bripka Molin Poranda, Bhabinkamtibmas Desa Lalang Kabung Kecamatan Pelalawan bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Lalang Kabung lakukan patroli dan sosialisasi, Senin (24/8/2020) untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla. 

Kapolsubsektor Pelalawan Ipda Zulmaheri SH MH mengungkapkan, Bripka Molin Poranda memang personil Polsubsektor Pelalawan dan ditugaskan selaku Bhabinkamtibmas di Desa Lalang Kabung, kegiatan dilaksanakannya adalah bentuk upaya Kepolisian dalam pencegahan terjadinya Karhutla. 

"Dan perlu dipahami bahwa pelaku pembakaran hutan dan lahan dapat dikenakan Pidana, untuk itu kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan," jelasnya. 

"Besar harapan kegiatan patroli pencegahan karhutlah ini rutin dilaksanakan tidak hanya oleh instansi Polri saja namun juga dari instansi pemerintah terkait, khususnya pemerintahan desa dan juga masyarakat yang memiliki wilayah rawan kebakan," tambahnya. 

Kegiatan melaksanakan Patroli ke daerah yang dianggap rawan terjadinya Karhutla dan melaksanakan Sosialisasi Maklumat Kapolda Riau tentang larangan membuka hutan dan lahan dengan cara dibakar," kata Bripka Molin Poranda. 

Ia berharap, masyarakat peduli dan memahami isi dari Maklumat Kapolda Riau, dan bersama-sama dengan pihak kepolisian mencegah terjadinya Karhutla.