Logo Tirainews.com

Kapolsek Bunut Apresiasi Program Kampung Tangguh di Desa Angkasa

Kapolsek Bunut Apresiasi Program Kampung Tangguh di Desa Angkasa

Tirainews.com - Polsek Bunut mengapresiasi program ketahanan pangan di Desa Angkasa, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan. Pemantauan dilakukan Bripka M Sauli, Rabu (9/9/2020). 

Meski belum semua desa atau kelurahan membentuk kampung tangguh, Kapolsek Bunut AKP Rokhani SS MH mengapresiasi atas inisiatif warga Desa Angkasa yang telah membentuk kampung tangguh dengan dana swadaya mandiri.

Selain itu Program kampung tangguh tersebut  juga bertujuan untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat, yang saat ini sedang dilanda Pandemi Covid-19. Disadari adanya Covid-19 menjadikan mata pencaharian serta penghasilan masyarakat berkurang, dan menurunnya produktivitas. Selain itu, menurutnya, program jaga kampung dalam rangka mengatasi permasalahan sosial yang berkaitan dengan pencegahan covid-19.

"Gerakan jaga kampung adalah upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan saat covid-19. Itu berupa pertanian, perikanan, dan peternakan," kata Kapolsek. 

Tujuan pencanangan jaga kampung ini yaitu agar kuat kampungnya, sehat masyarakatnya dan cukup pangannya. Dengan tiga hal tersebut kampung terjaga, baik dari Covid-19, narkoba, radikalisme dan lain sebagainya. 

"Ini gerakan dari kita semua. Saat ini kelompok tani makmur bersama telah melakukan pemanenan tanaman yakni Kacang Panjang, usia 45 dan 65 hari dengan hasil 400 kg, Timun usia 55 hari dengan hasil 600 kg, Cabe putih usia 65 hari dengan hasil 50 kg, Pare usia 55 hari dengan  hasil 300 kg," jelasnya. 
 
Selain sektor pertanian kelompok tani Makmur Bersama juga sudah melakukan pemanenan sektor perikanan yakni jenis Ikan lele, sebanyak 4000 ekor dengan usia 65 hari, ikan Nila, sebanyak 2000 ekor dengan usia 65 hari.