Logo Tirainews.com

Kuli Bangunan Beralih Profesi Sebagai Pengrajin Emas

Kuli Bangunan Beralih Profesi Sebagai Pengrajin Emas

Tirainews.com - Rio Permana (27), Pemuda asal Pariaman setelah hijrah ke Kota Pekanbaru berubah profesi menjadi pengrajin pandai emas. Pria lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) ini sebelumnya berprofesi sebagai kuli bangunan di kampungnya Sumatera Barat. 

"Sebelumnya saya kuli bangunan di Kampung, Paman yang kebetulan punya Toko Emas mengajak saya ke Pekanbaru," kata Rio saat dijumpai dirumahnya Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, Riau, Jumat (16/10/2020).

Tahun 2012 Hijarah ke Pekanbaru, hampir setiap hari Rio datang ke toko emas milik pamannya dan sering memperhatikan para pengrajin emas disana. 

Di sana Rio tertarik dan mulai belajar dengan kakaknya yang juga seorang pengrajin pandai emas. Selama 9 bulan Ia belajar hingga mahir.

"Pertama kali saya belajar membuat kalung emas, awalnya emang agak gugup, namanya juga pemula," candanya. 

Menurut Rio, saat ini sering mendapat orderan atau pesanan seperti kalung, cincin dan gelang dari beberapa toko Emas di Pekanbaru. 

Biasanya jika ada pesanan , Ia mengaku dapat bekerja dari jam 08.00 wib hingga jam 18.00 wib. Kadang-kadang, Ia harus bekerja sampai larut malam saat orderan atau pesanan lagi banyak. 

Rio juga menyebutkan, dirumah tempat tinggalnya saat ini, ia mengerjakan pesanan dari toko emas. ia mendapat upah 50 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah per item, tergantung tingkat kesulitan yang akan dibuat. 

Biasanya, orderan selalu ada dan pendapatannya perbulan mencapai 4 juta rupiah. Namun sejak pandemi terjadi, orderan atau pesanan sedikit dan pendapatannya menurun hingga 50 persen. 

"Alhmadulillah, sampai saat ini orderan dan pesanan selalu ada," tutupnya.