Logo Tirainews.com

Polsek Pangkalan Kerinci Tinjau Kampung Tangguh di Desa Makmur

Polsek Pangkalan Kerinci Tinjau Kampung Tangguh di Desa Makmur

Tirainews.com - Personel Polsek Pangkalan Kerinci Polres Pelalawan Panit I Binmas Iptu Nurhakim melakukan peninjauan Kampung Tangguh yang berada di desa makmur kabupaten Pelalawan, Riau, Senin (08/02/2021).

Kampung tangguh termasuk salah satu dari Program 100 hari Kapolri yakni Program XIV tingkatkan dan kembangkan kampung tangguh untuk penanganan Covid-19.

Keberadaan Kampung Tangguh mendapat respons positif dari warga desa makmur. Dengan adanya kampung tangguh menjadikan warga disiplin menjalankan protokol kesehatan. 

Dibentuknya kampung tangguh agar masyarakat peduli dengan pencegahan penyebaran Covid-19. Dengan adanya kampung tangguh mendorong masyarakat lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya.

Selain itu Program Kampung tangguh tersebut juga bertujuan untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat, yang saat ini sedang dilanda Pandemi Covid-19.

Disadari adanya Covid-19 menjadikan mata pencaharian serta penghasilan masyarakat berkurang, dan menurunnya produktivitas. Selain itu, menurutnya, program jaga kampung dalam rangka mengatasi permasalahan sosial yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19.

"Gerakan jaga kampung adalah upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan saat Covid-19. Itu berupa pertanian, perikanan, dan peternakan," ucap Iptu Nurhakim.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tujuan pencanangan jaga kampung ini yaitu agar kuat kampungnya, sehat masyarakatnya dan cukup pangannya.

Kelompok tani semoga makmur Hangtuah 7 Dsn. barat desa makmur bersama saat ini melakukan perawatan sektor perikanan yakni dikolam Budi daya ikan nila dengan luas kolam lebih kurang  20x35 M2 terdapat 4 keramba apung dengan ukuran 6x8 M2 dan diisi setiap keramba 5000 ekor bibit ikan.