Foto : net

Gara-gara Ini Diskes Pekanbaru Tarik Vaksin di 28 Rumah Sakit

Selasa, 08 Juni 2021 - 14:17:23 WIB

Tirainews.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menarik seluruh vaksin di 28 rumah sakit dan juga puskesmas. Instansi itu sudah melayangkan surat penarikan kepada seluruh direktur rumah sakit itu.

Pelaksana tugas Kepala Diskes Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Penarikan vaksin itu lantaran ada ketidakcocokan data.

Arnaldo menyebut, data vaksin di rumah sakit tidak sesuai dengan jumlah persediaan dosis vaksin. Ia menjelaskan, data jumlah vaksin seharusnya terdapat dalam Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (SMILE).

"Vaksin disuntikan tapi tidak cocok dengan data P-care. Pihak rumah sakit harusnya memasukkan data warga yang sudah suntik vaksin dalam data P-Care.

Loading...

"Mereka yang sudah suntik vaksin mestinya tercatat. Petugas melakukan input dalam data P-care," kata Arnaldo, Selasa (7/6/2021).

Menurutnya, petugas di rumah sakit juga harus memasukkan data warga penerima vaksin secara manual ke data excel. "Datanya tidak cocok, walikota dan dinkes provinsi mempertanyakan itu. Sebab vaksin yang terpakai di rumah sakit tidak terdata dengan baik," jelasnya.

Lanjutnya, pemerintah pusat juga mengira stok vaksin di Pekanbaru masih banyak. Artinya, Diskes akan sulit mengajukan permintaan vaksin jika pusat melihat data itu.

Diskes juga tidak punya regulasi untuk mengakses P-Care. Untuk itu, Ia meminta direktur rumah sakit mengembalikan dan menyelesaikan data yang diminta. Setelah data itu selesai, Diskes akan mendistribusikan vaksin tersebut.

"Data ini jadi pertimbangan Kementrian menambah pasokan vaksin ke Kota Pekanbaru. Namun data di P-Care tidak mereka input," jelasnya.

Ia menyebut, total ada sekitar 1800 vial vaksin yang ditarik. Jumlah itu bisa untuk 18.000 suntik atau dosis. "Jadi ada ketimpangan antara vaksin yang terpakai dan yang tercatat di rumah sakit," jelasnya.




Baca Juga Topik #Covid19+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+