Logo Tirainews.com

Suka Kedondong? Ini 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat

Suka Kedondong? Ini 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat
ilustrasi (net)

Tirainews.com - Siapa yang tidak tahu kedondong. Buah yang satu ini pasti tidak asing lagi di telinga orang Indonesia.

Ya, selain bisa dimakan langsung, kedondong juga sering dijadikan buah pelengkap rujak. Cita rasanya yang sedikit asam dan dicampur bumbu rujak, pasti banyak orang yang tergiur.

Di balik itu semua, ternyata kedondong memiliki manfaat yang cukup besar bagi tubuh. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

Terdapat kandungan protein, lemak sehat, vitamin A, dan vitamin C yang sangat kaya dari buah ini. Buah ini juga memiliki sejumlah mineral penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, serta kandungan antioksidan seperti flavonois, terpenoid, tannin, saponin, serta glikosida jantung. Dilansir dari Netmeds, berikut sejumlah manfaat sehat yang bisa diperoleh dari konsumsi kedondong.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kedondong memiliki kandungan glikosida jantung yang membantu menjaga tekanan darah tetap normal sehingga menurunkan risiko hipertensi dan hipotensi. Kandungan ini juga bisa melancarkan pergerakan nutrisi melewati pembuluh darah dan mencegah masalah kesehatan yang bisa terjadi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Mengobati Masalah Pencernaan

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tingginya kandungan vitamin C dan zat besi di dalam kedondong menjadikannya cocok untuk menjaga kekebala tubuh. Konsumsi kedondong bisa membantu menjaga kandungan sel darah putih di dalam tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh.

3. Mengobati Masalah Pencernaan

Kedondong memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu dalam melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah yang muncul. Untuk mendapat manfaat ini, sebaiknya kedondong dikonsumsi sebelum sarapan atau makan siang dalam jumlah besar.

Meningkatkan Pengelihatan dan Melawan Masalah Infeksi Kulit

4. Meningkatkan Ketajaman Pengelihatan

Selain kaya vitamin C, kedondong juga kaya vitamin A yang membuatnya sangat tepat untuk meningkatkan ketajaman pengelihatan. Konsumsi buah ini sangat cocok untuk dilakukan terutama karena meningkatnya penggunaan gawai di masa pandemi seperti sekarang.

5. Mengatasi Masalah Infeksi Kulit

Tingginya kandungan antimikroba di dalam kedondong bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti kulit kering, psoriasis, rosacea, serta luka dan benjolan yang muncul. Kandungan antioksidan di dalam buah ini juga bisa menstimulasi sintesis kolagen sehingga tampak memperlambat penuaan berupa munculnya kerutan dan garis halus di kulit.