Ilustrasi (net)

Ngantuk saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya

Selasa, 19 Mei 2020 - 05:30:11 WIB

Tirainews.com - Kebanyakan orang mengalami rasa kantuk yang berlebihan saat menjalankan Ibadah puasa. Rasa kantuk yang sering muncul, terkadang membuat orang menghabiskan waktu berpuasa untuk bermalas-malasan dan lebih banyak tidur.

Padahal, puasa hanya datang satu bulan dalam setahun. Akan lebih baik jika kamu melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat ketimbang hanya tidur dan bermalas-malasan saja. Untuk mengatasi ngantuk saat puasa, kamu dapat melakukan beberapa tips berikut ini: 

Perbanyak Minum Air Putih

Normalnya setiap orang membutuhkan air putih sebanyak 2 liter per hari, yaitu sebanyak delapan gelas. Saat puasa, otomatis kamu tidak dapat mengonsumsinya di siang hari. Untuk menyiasatinya, kamu dapat mengonsumsi dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas saat selesai shalat tarawih, serta dua gelas sebelum tidur. 

Loading...

Selain mampu melancarkan metabolisme tubuh, mengonsumsi cukup air putih mampu meningkatkan fokus saat melakukan aktivitas sehari-hari, dan terhindar dari rasa kantuk yang berlebihan. Dengan pola 2-2-2-2 yang kamu jalani tersebut, pasokan air putih dalam tubuh tidak akan kurang, bahkan tercukupi dengan baik meskipun pada siang hari kamu harus berpuasa.

Berolahraga

Mengatasi ngantuk saat puasa selanjutnya dapat dilakukan dengan berolahraga. Olahraga yang direkomendasikan adalah olahraga berintensitas ringan hingga sedang, seperti berjalan kaki, lari di tempat, atau bersepeda, yang dilakukan sebelum atau setelah berbuka. Olahraga mampu meningkatkan sirkulasi darah, melatih organ jantung, serta menaikkan sistem kekebalan tubuh. 

Beribadah

Beribadah dapat kamu jadikan salah satu cara dalam mengatasi ngantuk saat puasa. Saat terasa ngantuk, kamu bisa langsung berwudhu agar mata terasa lebih segar. Rasa kantuk saat berpuasa biasanya dialami pada pukul 08.00-11.00. Setelah berwudhu, kamu dapat melanjutkan shalat dhuha atau tadarus agar rasa kantukmu perlahan hilang.

Mengobrol dengan Anggota Keluarga

Mengobrol boleh-boleh saja, tapi jangan membicarakan keburukan orang lain, ya! Alih-alih mendapat pahala, justru dosa yang akan kamu terima. Mengobrol dan bersenda gurau dapat dijadikan alternatif untuk menghilangkan rasa kantuk saat kamu tengah berpuasa.

Mengganti Posisi

Beberapa perusahaan masih memberlakukan work from home pada puasa tahun ini, bersamaan dengan karantina mandiri di rumah. Bukan hanya rasa kantuk saja yang menyerang, tapi juga rasa bosan yang semakin meningkat. Jika kamu berpuasa sembari bekerja, coba untuk mengubah posisi tubuh saat kantuk datang menyerang. Untuk menghilangkan rasa kantuk, coba duduk dalam posisi tegak, kemudian silangkan kaki. Kamu juga dapat melakukan peregangan punggung sebelum lanjut melakukan pekerjaanmu.

Menikmati Pemandangan

Jika merasa bosan atau ngantuk, kamu bisa pergi ke teras atau halaman rumah untuk sejenak melihat pemandangan, dan mengalihkan mata dari layar laptop. Menatap pepohonan dan tanaman hijau, serta menghirup udara segar dapat menjadi alternatif mengatasi ngantuk saat puasa. Selain itu, pikiran juga menjadi lebih fresh.

Langkah terakhir dalam mengatasi ngantuk saat puasa adalah dengan tidur lebih cepat selama berpuasa. Di bulan puasa, siklus tidur otomatis akan berubah, karena kamu akan bangun lebih pagi dan menyiapkan makan sahur. Jika kamu tidak tidur lebih cepat, waktu tidur akan berkurang rata-rata selama 40 menit.

Hal tersebut akan mengurangi waktu tidur nyenyak, atau yang dikenal dengan istilah REM (Rapid Eye Movement). Karena hal tersebut rata-rata orang yang berpuasa lebih cepat mengantuk.




Baca Juga Topik #kesehatan+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+