Logo Tirainews.com

Punya Stok 39.600 Dosis Vaksin, Ini Prioritas Pemko Pekanbaru

Punya Stok 39.600 Dosis Vaksin, Ini Prioritas Pemko Pekanbaru
Arnaldo Eka Putra (net)

Tirainews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memiliki stok vaksin sebanyak 39.600 dosis. Vaksin yang diterima dari pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Riau ini sudah didistribusikan ke sejumlah fasilitas kesehatan atau faskes.

Vaksin terbanyak yang tersedia dari 39.600 dosis vaksin itu adalah jenis Coronavac, yakni 17.492 dosis. Kemudian jenis Pfizer sebanyak 15.504 dosis, Astrazaneca tersedia sebanyak 5.100 dosis dan Jenis Sinovac tersedia sebanyak 1.280 dosis. Sementara jenis Moderna ada 225 dosis.

"Stok saat ini masih mencukupi. Vaksin ini kita distribusikan ke fasilitas kesehatan untuk segera disuntikkan," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra, Kamis (21/10/2021).

Vaksin itu didistribusikan ke Rumah Sakit dan Puskesmas yang menyediakan layanan suntikan vaksin. Vaksin ini bakal disuntikkan ke warga yang belum mendapatkan vaksinasi, guna mengejar target 830 ribu jiwa atau sekitar 70 persen penduduk Kota Pekanbaru hingga akhir Desember ini.

Penyuntikan vaksin diprioritaskan bagi masyarakat yang belum mendapatkan suntikan dosis dua. Saat ini masih ada 78.091 orang mengalami penundaan vaksin dosis dua lewat dari 28 hari.

"Percepatan vaksinasi terus kita gesa. Melalui program vaksinasi masal dan layanan bus vaksinasi keliling," jelasnya.

Ia menilai, percepatan vaksinasi dapat dilakukan jika stok vaksin tersedia. Saat ini Pemko masih berharap tambahan dosis vaksin dari pemerintah pusat untuk mengejar target vaksin hingga akhir tahun.

"Saat ini dibutuhkan sebanyak 750.146 dosis vaksin untuk memenuhi kebutuhan suntikan vaksin dosis satu dan dua hingga akhir tahun ini," katanya.