Logo Tirainews.com

Remaja di Inhil Meninggal Diterkam Buaya Muara

Remaja di Inhil Meninggal Diterkam Buaya Muara
Remaja di Inhil Meninggal Diterkam Buaya Muara

Tirainews.com - Remaja 11 tahun di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diterkam Buaya di Parit Gamara 00 Dusun Simpang Kiri Desa Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran. Kejadian itu terjadi pada Selasa, (14/12/2021) sekitar pukul 11.00 Wib. 

Korban berinisial MR itu diterkam Buaya di tepi Sungai Kateman. Kronologisnya, pada hari Selasa tanggal 14 Desember  2021 sekira pukul 11.00 Wib korban bersama dua temannya yaitu Zulpandi dan M Ikhsan mandi dan berenang di sungai Kateman tepatnya di belakang rumah warga bernama Bambang Herianto. 

Saat hendak mandi, korban terjun duluan ke sungai. Sedangkan 2 temannya masih berada di daratan. Tidak lama korban terjun, korban langsung teriak minta tolong dan tubuh korban langsung diseret ke tengah sungai oleh buaya. 

Dua teman korban mencari bantuan dengan memanggil warga. Setelah itu warga datang membantu korban dengan menggunakan bendo atau perahu mesin mendekati korban yang posisinya sudah berada di seberang sungai. 

Ruslan, saksi kejadian sempat mengarahkan tojok sawit (besi runcing) ke arah buaya tersebut sehingga buaya tersebut melepaskan korban. Namun setelah korban dilepaskan, korban langsung hilang tenggelam. 

Sebelum tenggelam, korban sempat timbul dua kali. Setelah dilakukan pencarian sekitar jam 12.00 Wib korban baru ditemukan dan langsung dibawa ke klinik balas PT THIP. Namun korban sudah meninggal dunia. 

Ka Bid KSDA Wil I Andri Hansen Siregar mengatakan, terkait laporan tersebut, Balai Besar KSDA Riau telah berkoordinasi dengan Kabid Dinas DPKP Kabupaten Inhil dan menyampaikan kepada Bhabinkamtibmas Polsek Pelangiran untuk memberi imbauan kepada masyarakat agar tidak mandi berenang di sungai pada jam tertentu. 

"Apalagi saat ini air mengalami pasang besar yang mengakibatkan satwa Buaya keluar dari sarangnya, dan daerah tersebut memang merupakan habitat Buaya Muara," kata Hansen. 

Lanjutnya, pada Bulan November 2021 yang lalu, Tim Balai Besar KSDA Riau juga telah turun untuk melakukan evakuasi Buaya dan telah menyampaikan sosialisasi serta imbauan kepada masyarakat Kabupaten Inhil di kantor Dinas DPKP Kabupaten Inhil terkait kewaspadaan dan imbauan terhadap satwa Buaya Muara.