Logo Tirainews.com

Sukses Selenggarakan Rakerda, Berikut Rekomendasi Sidang Pleno IKA SKMA Pengda Riau

Sukses Selenggarakan Rakerda, Berikut Rekomendasi Sidang Pleno IKA SKMA Pengda Riau

Tirainews.com - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) Pengurus Daerah (Pengda) Provinsi Riau pada Sabtu sore (22/10/2022) baru saja menyelesaikan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang pada paginya telah dikukuhkan kepengurusan untuk masa bakti 2022-2027. 

Acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dikomandoi langsung Sang Ketua Alek Kurniawan, SP, M.Si menghasilkan beberapa rekomendasi yang dituangkan dalam kesimpulan sidang pleno diantaranya terkait Penguatan kelembagaan IKA SKMA Propinsi Riau, Pendataan alumni agar lebih memadai, berpartisipasi aktif dalam menkampanyekan aksi menjaga dan memperbaiki lingkungan melalui perwujudan pembangunan Riau Hijau yang berwawasan lingkungan hidup (mendukung penuh Program Riau Hijau Gubernur Riau);  Pengembangan kerjasama dengan stakeholder terkait guna kemajuan organisasi serta Pengembangan SDM anggota IKA SKMA Propinsi Riau.

Lebih Lanjut Ketua IKA SKMA Pengda Riau, Alek Kurniawan yang karib disapa Bang Akur menjemput dukungan dan sinergitas seluruh anggota IKA SKMA untuk bersatupadu bersama stakeholder terkait diharapkan dapat menjadi mitra dalam penyelamatan dan pemulihan kerusakan lingkungan, hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Gubernur Riau dalam Program Riau Hijau. 

“Riau Hijau merupakan program yang digagas Gubernur Riau H Syamsuar, mari kita dukung Bersama,” ucapnya

Hal ini senada sebagaimana yang telah disampaikannya dalam sesi acara pengukuhan yang turut menyinggung berbagai isu strategis diantaranya seperti perubahan iklim, kerusakan ekosistem, kelangkaan air bersih, pengangguran dan kemiskinan serta ketidakadilan, yang disebutnya merupakan diantara kompleksitas persoalan yang dihadapi melampaui disiplin ilmu ataupun kewenangan tunggal sebuah lembaga, sektor, bahkan negara. 

IKA SKMA sebutnya, menjadi bagian dari sosial capital yang harus bersinergi dengan banyak elemen lain yang mempunyai komitmen saat ini tidak hanya menjaga, memelihara dan melestarikan hutan saja, termutakhir; sebagai bagian dari sosial kapital, IKA SKMA juga berkewajiban untuk ikut serta dalam suksesi penuntasan isu-isu strategis tersebut. Apalagi saat ini menurutnya, para alumnus SKMA sudah beraktivitas di beragam profesi, sebagian besar selaku aparatur sipil negara, yang berdinas di lintas sektor, baik pusat maupun daerah, sebagai pengusaha, politisi dan profesi lainnya.

Mantan Kepala BPKAD Pekanbaru ini, bahkan aktif meminta masukan, ide dan gagasan dari seluruh anggota selama Rakerda berlangsung. Eks. Sekretaris DPRD Pekanbaru itu juga berkeyakinan bahwa lewat nilai-nilai positif “semangat jiwa korsa rimbawan” yang sudah diperlihatkan anggota IKA SKMA selama ini mampu menjadikan IKA SKMA sebagai panutan sekaligus wadah yang dapat mengakomodir kegiatan positif di lingkungannya masing-masing lewat suksesi rekomendasi sidang pleno tersebut.

“Kami mengajak seluruh peserta rakerda yang tergabung dalam IKA SKMA Pengda Riau, untuk saling mendukung dan bersinergi menyukseskan kesimpulan pleno kita sore ini,” tukas Akur

Akur yang juga Ketua Ikatan Sepeda Sport Seluruh Indonesia (ISSI) Kota Pekanbaru ini berharap semoga IKA SKMA Riau semakin berkembang maju serta mampu mengharumkan nama Riau saat ini dan masa-masa mendatang.

Sebagaimana diketahui bahwa pada paginya telah dilaksanakan Pengukuhan Pengurus oleh Pengurus Pusat (PP) IKA SKMA yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua Umum II Kamaruddin S.Hut T, yang juga menjabat selaku Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pekanbaru (alumni SKMA Ujung Pandang tahun 1993). Nama-nama yang dikukuhkan dalam acara tersebut, secara memadai adalah sebagai berikut.

Sebagai Dewan Pembina oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera dan Kepala Balai Besar KSDA Provinsi Riau. Untuk lini Dewan Pertimbangan Daerah, selaku ketua oleh Faizal, S.Hut, Sekretaris Dian Citra Dewi, SH dan Anggotanya adalah Budi Hidayat, SP, MM;  Nafri Irwan, S.Hut, M.Si dan Johar Mawardi, SH, MH.

Untuk struktur Pengurus Daerahnya yaitu Alek Kurniawan, SP, M.Si selaku Ketua, Diding Ridwanullah, S.Hut, M.Si selaku Wakil Ketua 1, Taufik Hariyadi SP selaku Wakil Ketua 2 dan Adi Lesmana, S.Hut, M.Si sebagai Wakil Ketua 3. Untuk Sekretaris diisi oleh Syafruddin Perwira Negara, SP, wakil Sekretarisnya  Herlinawati. Sementara untuk Bendahara oleh Nelmayati, SE, SP dan wakilnya Apriyeta Dwi Larassati.

Dan untuk seksi-seksinya adalah:
Seksi Pengembangan SDM dengan Ketua adalah H. Suharman Siregar, S.Hut; Sekretaris Gilang Galiandra dan anggotanya adalah 1. Santino Gomes, S.Hut. 2. Edwin Putra, S.Hut.,M.Si.  dan 3. Annisa Aprilindi Permata, S.Hut

Seksi Organisasi dan Hukum dengan Ketua adalah Indra Gafur, S.Sos., M.Si; Sekretaris Margi Santoso, S.Hut,M.P. dan Anggotanya adalah 1. Muhammad Fadhil, S.T.,M.Si. 2. Bripda Herman Saputra 3. H,M,F Zaim Umam, S.Hut.

Seksi Ekonomi dan Usaha dengan Ketua: Ermansyah,S.E; Sekretaris M. Imran Sinaga,S.P., M.Si dan Anggota : 1. Nanda Sahfutra, S.H. 2. Nur Fajri 3. Rizki Al Had

Seksi Sosial dan Keagamaan dengan Ketua: Hendra Saputra, S.P; Sekretaris:  Rudianto dan Anggota adalah 1. Rismanuti, S.P.,M.Si. 2. Yogita Ulul Albab, S.IP M. Wahid Syaefudin

Seksi Humas dan Publikasi dengan Ketua: M. Ali Refki, S.Hut.T; Sekretaris: Dedi Hidayana,S.Hut., M.Si. dan Anggotanya adalah 1. Suwandi,S.Hut. 2. Efral derik,S.Hut.,M.Si. 3. Arizano Harun, S.Sos. 4. Syarifuddin Baharsyah

Seksi Lingkungan dan Konservasi dengan Ketua adalah Suhaimi Zabaldi; Sekretaris: Arry Purnama Setiawan, S.ST., M.PS,Sp  dan anggotanya adalah 1. Ade Yudistira 2. Gian Cahyadi, S.P. 3. Fidela Nukma Afrizal

Untuk koordinator Angkatan, masing-masing adalah;
SKMA Angkatan I oleh Zulfahmi A.R, S.Hut.; SKMA Angkatan II oleh Suhaimi Zabaldi; SKMA Angkatan III oleh Nafri Irwan, S.Hut. M.Si ;SKMA Angkatan IV oleh T. Ridwan Putrayuda, S.Hut., M. Si.; SKMA Angkatan V Wahyu Idris, S.Hut., M.Si. ; SKMA Angkatan VI Arry Purnama Setiawan, S.ST, M.PS, Sp.; SKMA Angkatan VII Dwiyana, S.Hut., M.Si. ; SKMA Angkatan VIII Dede Kustiwa, S.Hut.; SKMA Angkatan IX Dedi Hidayana, S.Hut., M.Si. ; SKMA Angkatan X Azmi Fadilah, S.Sos. ; SKMA Angkatan XI Bastianto, S.Hut., M.Si.; SKMA Angkatan XII Andi Prayoga, S.Hut. ; SKMA Angkatan XIII Budi Mulyono, S.Hut., M.Si. ; SMKK Angkatan I Gilang Galiandra ; SMKK Angkatan II Rizki Al Hadi ; SMKK Angkatan III Khairul Rajebby, S.Hut. ; SMKK Angkatan IV Muhammad Vio Mohta ; SMKK Angkatan V Bripda. Herman Saputra ; SMKK Angkatan VI  Yogita Ulul Albab, S.IP. ; SMKK Angkatan VII Yoga Jonevan Pratama, S.P. ; SMKK Angkatan VIII Rahmat Heksa Pamungkas ; SMKK Angkatan IX Restu Fajar Prayoga ; SMKK Angkatan X Kelvin Christofer dan SMKK Angkatan XI oleh Bintang Ikhwan.