Logo Tirainews.com

IKA SKMA Pengda Riau Taja Rakerda Sekaligus Pengukuhan Pengurus 2022-2027

IKA SKMA Pengda Riau Taja Rakerda Sekaligus Pengukuhan Pengurus 2022-2027

Tirainews.com - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) Pengurus Daerah (Pengda) Provinsi Riau pada Sabtu (22/10/2022) menaja Rapat Kerja Daerah (Rakerda) sekaligus pengukuhan pengurusnya masa bakti 2022-2027. 

Acara dikomandoi langsung Sang Ketua Alek Kurniawan,SP, M.Si yang telah terpilih dalam Musda Ikatan Alumni (IKA) Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) Pengurus Daerah (Pengda) Provinsi Riau periode 2022-2027 pada 26/2/2022 yang lalu. 

Pengukuhan Pengurus dilakukan oleh Pengurus Pusat (PP) IKA SKMA yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua Umum II Kamaruddin S.Hut T, yang juga menjabat selaku Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutahanan Pekanbaru (alumni SKMA Ujung Pandang tahun 1993) yang turut disaksikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau DR. H. Mamun Murod, MM, Kepala UPT Kementerian LHK RI, Pengurus Cabang IKA SKMA Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau dan seluruh anggota pengurus IKA SKMA Pengurus Daerah Provinsi Riau. 

Diperkirakan giat ini dihadiri lebih kurang 150-an peserta bertempat di Hotel Furaya Pekanbaru, Jl. Jenderal Sudirman No. 72. Nama-nama yang dikukuhkan pada pagi ini diantaranya adalah Alek Kurniawan, SP, M.Si selaku  Ketua, Syafruddin Perwira Negara, SP sebagai sekretaris dan Nelmayati, SE, SP selaku Bendahara.

Alek Kurniawan yang juga kepala Dinas Ketahanan Pangan kota Pekanbaru dalam kesempatan awal sambutannya,  mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran peserta rakerda dan seluruh undangan pada giat tersebut. Ia menyampaikan bahwa IKA SKMA adalah organisasi profesi yang dibentuk atas dasar kesamaan kegiatan, fungsi dan kekeluargaan, yang diharapkan terus menerus menorehkan kebaikan bagi lingkungan sekitar. 

Bahkan dia juga menyinggung berbagai isu strategis diantaranya seperti perubahan iklim, kerusakan ekosistem, kelangkaan air bersih, pengangguran dan kemiskinan serta ketidakadilan merupakan diantara kompleksitas persoalan yang dihadapi melampaui disiplin ilmu ataupun kewenangan tunggal sebuah lembaga, sektor, bahkan negara. IKA SKMA sebutnya, menjadi bagian dari sosial capital yang harus bersinergi dengan banyak elemen lain yang mempunyai komitmen saat ini tidak hanya menjaga, memelihara dan melestarikan hutan saja, termutakhir; sebagai bagian dari sosial kapital, IKA SKMA juga berkewajiban untuk ikut serta dalam suksesi penuntasan isu-isu strategis tersebut. Apalagi saat ini menurutnya, para alumnus SKMA sudah beraktivitas di beragam profesi, sebagian besar selaku aparatur sipil negara, yang berdinas di lintas sektor, baik pusat maupun daerah, sebagai pengusaha, politisi dan profesi lainnya.


Eks. Sekretaris DPRD Pekanbaru ini berkeyakinan bahwa lewat nilai-nilai positif “semangat jiwa korsa rimbawan” yang sudah diperlihatkan anggota IKA SKMA selama ini mampu menjadikan IKA SKMA sebagai panutan sekaligus wadah yang dapat meng-akomodir kegiatan positif di lingkungannya masing-masing.

“Makanya kami mengajak seluruh alumni yang tergabung dalam IKA SKMA Pengda Riau, untuk saling mendukung dan bersinergi sebagai bagian solutif dari isu-isu strategis yang ada, tentu disesuaikan dengan profesi yang dijalani masing-masing,” tukas Akur, sebutan beken yang disematkan kepada Alek Kurniawan belakangan ini

Selanjutnya dirinya selaku Ketua IKA SKMA Pengda Riau juga mendorong anggota kepengurusan yang sudah dikukuhkan untuk bersatu-padu menyukseskan program kerja organisasi, baik yang sifatnya tahunan dan lima tahunan. 
 
Lebih lanjut Ayah tiga anak ini, menitipkan harapan kepada pimpinan di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Provinsi riau dan UPT Kementerian LHK agar dapat memanfaatkan peran alumni SKMA secara professional. Dan kepada alumni dia berharap dan mengajak alumni untuk dapat menunjukkan jiwa profesionalismenya dalam mencapai visi misi di organisasi masing-masing. Dengan demikian menurutnya, hal ini tentu akan membesarkan nama IKA SKMA itu sendiri.

“selamat melaksanakan rapat kerja, semoga IKA SKMA Riau semakin berkembang maju, mampu mengharumkan nama Riau di masa-masa yang akan datang, SKMA Selamanya!!!!,” tukas Akur sembari meneriakkan yel-yel menyemangati kepesertaan Rakerda

Senada dengan yang disampaikan Akur, Wakil Ketua Umum PP IKA SKMA, Kamaruddin S.Hut T dalam sambutannya juga berharap kepengurusan baru yang sudah dikukuhkan agar mampu menghimpun seluruh sumberdaya yang ada guna pengembangan organisasi. Bak gayung bersambut, hal serupa juga diorasikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, DR. H. Mamun Murod, MM yang juga bertindak selaku Dewan Pembina IKA SKMA Pengda Riau, mengapresiasi giat hari ini dan berharap para alumni yang tergabung dalam kepengurusan agar dapat mengembangkan potensi untuk bersaing dalam dunia kerja sesuai profesi masing-masing yang digeluti alumni saat ini. Dihimpun di lokasi acara, giat IKA SKMA ini akan berlangsung sampai sore hari dengan agenda pelaksanaan Rakerda.