Foto: net

Joget Sonde dari Kepulauan Meranti Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya

Rabu, 02 Januari 2019 - 20:07:13 WIB

Tirainews.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Joget Sonde sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia. Kebudayaan ini berasal dari Desa Sonde Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Joget milik suku akit di Meranti ini ditetapkan sebagai WBTB bersama 21 karya budaya lainnya dari empat provinsi di bawah wilayah kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepulauan Riau. Penetapan itu sebelumnya telah melalui sejumlah tahapan presentasi dan kajian.

Tarian ini berangkat dari pesta rakyat suku asli yang berada di Desa Sonde atau pun Desa Sokop di Kecamatan Rangsang Pesisir. Penari-penari adalah gadis berpakaian bawahan kain atau rok panjang terus baju kebaya lengan panjang ditambah selendang. 

Pimpinan Joget Sonde, Miska (60) mengatakan bahwa Joget Sonde ini sudah berumur hampir ratusan tahun sering mengiringi setiap pergelaran budaya suku Akit.

Loading...

"Kami sering mengikut sertakan tarian ini di berbagai acara karena sudah diakui secara nasional. Kami akan terus mempertahankan budaya ini dengan mengajarkan kepada anak-anak, agar mereka bisa menjaga kelestariannya nanti," kata Miska, (31/12/2018)

Sebelumnya Joget Sonde ini mewakili Riau dalam ajang nasional pada Parade Tari Nusantara di Provinsi Bangka Belitung bulan Juli lalu.

Joget Sonde dari Kabupaten Kepulauan Meranti ini berhasil menyisihkan tujuh kelompok dari kabupaten kota lainnya pada helat parade tari yang ditaja UPT Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan Provinsi Riau.




Baca Juga Topik #sosbud+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+