Ilustrasi (net)

Rapat Evaluasi SAKIP, Kinerja OPD Pemko tida Ada Kemajuan

Senin, 04 Februari 2019 - 18:47:12 WIB

Tirainews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar rapat evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di aula kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Senin (4/2/2019). 

Rapat yang dipimpin Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT itu, diketahui kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  tidak ada kemajuan. Kondisi itu membuat Walikota dua periode itu sempat sempat kesal dan marah saat memimpin rapat 

"Penilaian kinerja cuma naik sedikit. Ini artinya tidak ada kemajuan, kinerja tidak maksimal. Masak dari nilai C tahun 2016, hanya naik menjadi CC untuk penilaian tahun 2017," sesal Walikota.

Penilaian itu sesuai dengan penilaian kinerja yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk tahun 2017, yang mana sebagian besar OPD kinerjanya hanya mendapat nilai C dan CC.

Loading...

"Sementara sejumlah kabupaten tetangga, itu dari nilai D tahun 2016, tahun 2017 naik menjadi BB. Kita (pemko), dari nilai C, naiknya cuma CC. Jadi kita sangat mengapresiasi kinerja teman-teman dari kabupaten tetangga," jelasnya.

Walikota memberi waktu hingga Juli mendatang bagi pimpinan OPD memperbaiki dan meningkatkan kinerja. Jika tidak ada perubahan, Ia mengancam akan mencopot jabatan pimpinan OPD bersangkutan.

"Target kita nilainya BB. Ini penentuan untuk pimpinan OPD apakah akan bertahan atau tidak. Kita kasih waktu sampai Juli, Agustus evaluasi, kalau tidak sanggup, silahkan minggir, kami mau lewat. Cukup tegaskan?," tegasnya.

Dari laporan yang dibacakan Inspektur Inspektorat Pekanbaru Syamsuir dalam rapat itu, diketahui hanya 9 OPD di lingkungan pemerintah kota yang mendapat nilai BB, 21 OPD mendapat nilai CC dan 15 OPD dengan nilai C. (del)




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+