ilustrasi (net)

Garam Ternyata Bisa Bersihkan Karang Gigi, Begini Caranya

Senin, 18 Februari 2019 - 17:43:25 WIB

Tirainews.com - Pertumbuhan karang gigi ini terjadi secara sedikit demi sedikit dan jika dibiarkan maka peradangan serta iritasi bakal dengan mudah menyerang pemilik karang gigi. Untuk menghilangkannya, banyak yang berpikir untuk ke dokter gigi. 

Garam diketahui memiliki kandungan sifat antiseptik serta antibakteri yang cukup tinggi sehingga tak hanya pas untuk dijadikan obat batuk maupun sakit gigi. Bahkan garam juga dapat mencegah infeksi serta membuat pertumbuhan bakteri di dalam mulut terhambat. Bagaimana cara menghilangkan karang gigi dengan garam?

Cara menghilangkan karang gigi dengan garam:

Air Garam Hangat

Loading...

Untuk cara pertama yang paling umum dan sederhana serta murah adalah dengan menggunakan air garam yang dalam kondisi hangat. Sama halnya ketika Anda sedang batuk, biasanya air garam digunakan sebagai obat kumur untuk meredakan rasa sakit dan tak nyaman di tenggorokan. Namun kali ini, tujuannya adalah sebagai penghilang karang gigi.

Caranya: Masukkanlah garam sebanyak 1 sendok teh ke dalam segelas air hangat yang telah Anda siapkan. Setelah diaduk dan menjadi tercampur rata, Anda tinggal berkumur saja dengan air ini hingga seluruh area dalam mulut terkena. Lakukan sehari 3 kali masing-masing 1 menit, terutama pada area karang gigi.

Garam + Baking Soda

Baking soda juga dapat diandalkan ketika Anda hendak menghilangkan karang gigi secara alami tanpa efek samping yang berbahaya. Hanya saja memang jangan terlalu berlebihan dalam penggunaan baking soda yang dicampur dengan garam karena Anda perlu mewaspadai juga adanya bahaya baking soda bila pemakaian kurang tepat.

Caranya: Siapkan saja sebuah sikat gigi, lalu juga sejumput garam berikut 1 sendok makan baking soda. Garam dan baking soda harus dicampur dulu hingga rata dan kemudian ditaruh pada atas sikat gigi yang telah dibasahi. Setelah itu bisa Anda gosokkan perlahan pada gigi Anda seperti sikat gigi biasanya, barulah kemudian kumur dan bersihkan dengan air hangat.

Supaya hasilnya maksimal, Anda perlu memakai cara ini sehari 2 kali dan ketika karang gigi sudah hilang, Anda dapat mengganti jadwal pemakaian. Cara ini tetap dapat Anda pakai 7-10 hari sekali saja dan tak perlu sesering atau serutin sebelumnya karena hanya untuk menjaga agar karang gigi tak terbentuk lagi.

Garam + Minyak Mustard

Dalam menghilangkan karang gigi, Anda bisa juga memakai garam yang dicampurkan bersama dengan minyak mustard. Diketahui bahwa kombinasi keduanya tidaklah buruk dan justru sangat efektif karena memang minyak mustard sendiri dikenal baik dalam membunuh bakteri, termasuk bakteri di dalam mulut.

Caranya: Anda cukup menyediakan garam sebanyak ½ sendok teh dan juga sedikit minyak mustard (tak perlu terlalu banyak asalkan cukup sebagai campuran pasta). Sesudah terbentuk pasta dari garam dan minyak mustard, Anda dapat menggosokkannya ke area gigi yang terdapat karang selama beberapa menit. Barulah kemudian bersihkan menggunakan air hangat; lakukan sehari 2 kali untuk hasil efektif.

Garam + Jus Lemon

Satu lagi rekomendasi cara menghilangkan karang gigi menggunakan garam sebagai bahan utamanya. Jus lemon terkenal baik dalam memutihkan gigi secara alami dan menjaga kebersihan serta kesehatan mulut secara sempurna. Jadi, tak ada salahnya mengombinasikan garam dan jus lemon.

Caranya: Anda hanya memerlukan garam sebanyak ½ sendok teh untuk kemudian dicampurkan bersama jus lemon sedikit saja. Setelah pasta terbentuk, Anda bisa mengoleskannya ke bagian gigi yang ada karang giginya selama beberapa menit. Barulah kemudian kalau sudah selesai bisa Anda kumur dan bersihkan dengan air hangat; melakukannya sehari 2 kali akan memberikan hasil terbaik.

Garam + Minyak Wijen

Dalam menjadikan karang gigi hilang secara alami, Anda juga dapat mengombinasikan garam dengan jenis minyak lainnya selain mustard. Garam ditambah minyak wijen adalah solusi yang tepat juga karena memang minyak ini baik untuk menghilangkan plak dan menjadi obat bagi gusi berdarah apalagi bau mulut.

Caranya: Sama halnya seperti 2 cara yang sebelumnya disebutkan, Anda hanya perlu mencampurkan ½ sendok teh garam dengan minyak wijen secukupnya untuk membuat pasta. Kalau sudah, langsung aplikasikan atau balurkan pada area gigi, terutama yang berkarang. Lakukan sehari 2 kali setiap hari untuk hasil paling efektif.

Alternatif: Anda pun bisa juga menggunakan minyak wijennya saja dalam hal ini. Cukup dengan mengambil 1 sendok makan dan masukkan ke dalam mulut. Kumurkan dan ratakan kumuran hingga mengenai seluruh area dalam mulut. Lakukan selama 20 menit dan jangan ditelan tapi dibuang setelah itu. Bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat dan lanjutkan dengan menggosok gigi seperti biasa.




Baca Juga Topik #kesehatan+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Serba-serbi

Bersihkan Karang Gigi Sekarang, Ini Bahayanya 

Sabtu, 10 November 2018
Serba-serbi

Punya Masalah dengan Bau Badan? Coba 5 Cara Ini

Rabu, 20 Februari 2019
Serba-serbi

Bunda, Ini Waktunya Kenalkan Daging pada Bayi

Jumat, 23 November 2018
Serba-serbi

Terancam Punah, Badak Putih Lahir di Australia

Rabu, 07 November 2018
Serba-serbi

7 Kiat Hidup Sehat yang Perlu Kamu Ketahui

Rabu, 24 Oktober 2018
Serba-serbi

Ingin Wajah Bebas Jerawat? Lakukan 5 Hal Ini

Kamis, 03 Januari 2019