Ilustrasi (net)

Ranperda Pemekaran Memenuhi Syarat, Berikut Perubahan Nama Kecamatan di Pekanbaru

Rabu, 01 Mei 2019 - 19:17:56 WIB

Tirainews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Pekanbaru optimis pembahasan Renperda pemekaran kecamatan segera rampung dan segera bisa disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Secara umum, Ranperda pemekaran kecamatan ini telah memenuhi persyaratan administrasi dan telah mematuhi peraturan dan perundang-undangan terkait.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, M Noer, Ranperda pemekaran Kecamatan hampir rampung dan tinggal mempertimbangkan beberapa usulan yang disampaikan tim pansus terkait usulan nama kecamatan yang dilakukan pemekaran.

"Sebenarnya dari segi administrasi sudah layak, dan sudah memenuhi syarat. Hanya saja ada beberapa usulan tadi yang disampaikan, seperti pemberian nama untuk kecamatan - kecamatan yang nantinya akan dipecah, seperti yang disampaikan oleh pak Romi dimana dia mengusulkan bahwa salah satu Kecamatan Tampan yang dimekarkan diberi nama kecamatan Panam," ujar M Noer baru-baru ini.

Loading...

Selain itu, adanya usulan dari dewan maupun tokoh masyarakat yang meminta agar Kecamatan Rumbai  dan Rumbai Pesisir di pecah menjadi 4 kecamatan. Hal inipun masih menjadi pertimbangan untuk pembahasan selanjutnya.

"Tadi dari pihak DPRD Pekanbaru dan tokoh masyarakat juga meminta agar Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Pesisir dipecah 4. Kemarinkan Pemko mengusulkan 3 saja," terangnya.

Ia berharap, pembahasan Ranperda Pemekaran Kecamatan ini segera disahkan. Menurutnya, hal itu juga menjadi harapan dan target tim Pansus dari DPRD Kota Pekanbaru.

"Tentu kita berusaha, bahkan pihak dari dewan tim pansus juga berharap ranperda ini segera rampung bahkan kalau bisa Minggu depan sudah final," sebutnya. 

Untuk diketahui, Kota Pekanbaru sekarang memiliki 12 kecamatan, yakni Kecamatan Marpoyan Damai, Tampan, Payung Sekaki, Pekanbaru Kota, Rumbai, dan Rumbai Pesisir.

Kemudian, Kecamatan Sail, Tenayan Raya, Limapuluh, Senapelan, Sukajadi dan Bukit Raya. Kecamatan yang dimekarkan dan berganti nama di antaranya Kecamatan Tampan, Rumbai Pesisir, Rumbai dan Tenayan Raya.

Nama Kecamatan Tampan akan dihapuskan, karena pertimbangan nama yang sama dengan salah satu kelurahan di Kecamatan Payung Sekaki. Sebagai gantinya, nama Kecamatan Tampan diubah menjadi Kecamatan Binawidya.

Sedangkan kecamatan baru hasil pemekaran dinamakan, Kecamatan Tuah Madani. Pertimbangan nama itu lantaran di wilayah itu identik dengan kampus Universitas Riau. 

Wilayah Kecamatan Tenayan Raya, akan dimekarkan menjadi dua kecamatan yakni Kecamatan Kulim dan Kecamatan Tenayan Raya.

Sedangkan nama Kecamatan Rumbai Pesisir diganti dengan nama Kecamatan Rumbai. Sebab, berdasarkan historis, wilayah Rumbai memang berada di lokasi Kecamatan Rumbai Pesisir saat ini.

Sedangkan, Kecamatan Rumbai yang sekarang, berganti nama menjadi Kecamatan Rumbai Barat. Untuk wilayah pemekaran Kecamatan Rumbai Pesisir nantinya bernama Rumbai Timur yang mana wilayahnya dari Jalan Sembilang hingga ke Limbungan, sehingga nanti ada tiga kecamatan baru.




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+