Foto : net

Marak Ngemis di Persimpangan, DP3A Pekanbaru Diminta Turun Atasi Gepeng

Jumat, 27 September 2019 - 15:38:40 WIB

Tirainews.com - Persoalan gelandangan dan pengemis (Gepeng) masih belum tuntas di Kota Pekanbaru. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) diminta ikut turun atasi masalah itu. 

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengakui, saat ini sudah mulai marak Gepeng di persimpangan traffic light. Bahkan, beberapa waktu lalu ada seorang bayi yang dibawa mengemis di persimpangan Mall SKA. 

Untuk Ia meminta Dinas Sosial (Dinsos), melakukan penyisiran Gepeng yang sering meminta-minta di persimpangan. Ia juga meminta Dinsos berkoordinasi dengan DP3A. 

"Iya memang kita lihat sudah mulai marak lagi, bahkan saya dapat kabar ada juga yang membawa bayi untuk meminta-meminta. Kita minta Dinas Sosial lakukan penyisiran lagi untuk diperingati," kata Ayat, Kamis (26/9/2019). 

Loading...

Selain Dinsos, ditegaskan Ayat, DP3A juga harus turun dalam mengatasi gepeng tersebut. Sebab banyak ditemukan anak-anak yang masih di bawah umur, melakukan pekerjaan meminta-minta. 

"Dinas sosial juga harus melakukan koordinasi kepada Dinas perlindungan anak. Sebab banyak ditemui yang meminta-minta itu anak di bawah umur, dan diduga di eksploitasi," kata Ayat. 

Menurut Ayat, gepeng Anak-anak menjadi korban ekploitasi, dan sengaja dimanfaatkan dalam melakukan pekerjaan itu. Kebanyakan mereka berasal dari luar kota Pekanbaru. 

"Untuk pengemis anak-anak itu, lakukan upaya persuasif dulu, beri peringatan. Kalau masih mengulangi juga cari orang tuanya. Kalau masih mengulangi juga tentu kita perlakuan secara undang-undang," tegasnya. 

Ia juga meminta, agar masyarakat tidak memberikan sumbangan dalam bentuk apapun, kepada Gepeng yang kerap meminta-minta di persimpangan traffic light. Ia menyarankan agar memberikan sumbangan ke badan amil zakat, panti asuhan dan lembaga-lembaga yang tepat. 

"Memang hati terenyuh melihat mereka (Gepeng), apalagi yang menggendong anak kecil. Tapi kalau terus menerus diberi sumbangan, mereka akan terbiasa dan jadi ketagihan. Jadi sumbangkanlah ke lembaga yang tepat," jelasnya. 




Baca Juga Topik #Pemko Pekanbaru+
Business

Pedagang di Pekanbaru Wajib Tera Ulang Timbangan

Ahad, 20 Oktober 2019
Business

Penjualan Tiket Bus TMP Rp49 Juta Perhari

Kamis, 17 Oktober 2019
Business

Siap-siap Pelaku Parkir Sembarangan Bakal Disanksi

Selasa, 15 Oktober 2019
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+