Logo Tirainews.com

Tiga OPD Tak Kunjung Ajukan SPM, Tunda Bayar Masih Tersisa Rp5 Miliar

Tiga OPD Tak Kunjung Ajukan SPM, Tunda Bayar Masih Tersisa Rp5 Miliar
Syoffaizal

Tirainews.com - Pembayar hutang itu terkendala belum diajukannya surat perintah membayar (SPM) oleh tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Saat ini masih ada tersisa sebesar Rp5 miliar. 

Sampai kini masih ada Rp5 miliar tunda bayar yang belum diajukan pencairan.  Tiga OPD terkait diminta segera mengajukan pencairan.

Total itu sisa dari Rp162 milliar tunda bayar dari tahun lalu yang harus dibayarkan tahun ini. Tiga OPD yang belum menuntaskan tunda bayar ini adalah Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Kesehatan (Diskes).

"Tunda bayar (2018-red) ada Rp5 miliar lagi. Itu kita imbau OPD terkait untuk segera mengajukan pencairannya," kata Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru Syoffaizal, Rabu (18/12/2019). 

Pengajuan SPM harus dilakukan secepatnya. Sebab, waktu yang tersisa tidak sampai satu minggu. Ditanya untuk tunda bayar tahun 2019, Ia belum mengetahui. 

"Kalau untuk tahun ini harus diaudit dulu," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, serapan APBD hingga pertengahan Desember 2019 sudah 85 persen. "Sudah berada di angka 85 persen dari Rp2,527 triliun," kata dia.