Cegah Penularan Corona, Begini Tips Jaga Imunitas Tubuh

Kamis, 06 Februari 2020 - 06:46:38 WIB

Tirainews.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam beberapa kesempatan terkait virus corona menyampaikan pentingnya menjaga imunitas tubuh. Dikatakannya kalau imunitas tubuh baik, maka tidak akan gampang terserang virus.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Immune Deficiency Foundation, disebutkan kalau corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan dan dengan mudah ditularkan melalui kontak perorangan. Orang dengan imunitas rendah berisiko tinggi terinfeksi virus corona. Informasi selengkapnya ada di bawah ini!

Tidak Bisa Mengandalkan Masker

Lebih lanjut dijelaskan kalau penggunaan masker untuk mencegah penyebaran virus corona tidak bisa diandalkan mutlak. Bagaimana dengan partikel virus halus di udara yang bisa jadi keluar karena penggunaan masker yang tidak konsisten dan benar? 

Loading...

Apalagi sepanjang akhir 2019 sampai 2020 ini ada beberapa kasus virus yang menyerang pernapasan dengan gejala sama seperti corona. Bagaimana mengetahui perbedaannya jika gejalanya kurang lebih sama?

Untuk itulah, menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh adalah saran yang paling baik dan mudah untuk diaplikasikan. Lantas, bagaimana cara menjaga imunitas tubuh? Baca pembahasannya di sini!

Mengonsumsi Vitamin C

Sejatinya sistem kekebalan yang kuat dapat mengurangi risiko terinfeksi virus dan bakteri. Sistem kekebalan tubuh dapat membantu tubuh melawan infeksi yang disebabkan oleh virus dan mempercepat proses pemulihan setelah infeksi.

Namun, perlu diketahui kalau sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda karena faktor-faktor, seperti usia, kebiasaan makan, dan gaya hidup. Mengonsumsi vitamin C menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan.

Diet Sehat

Selain konsumsi vitamin C, menerapkan pola makan sehat sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk sayuran hijau (paprika, brokoli, dan bayam), produk susu, buah kiwi, lemon dan jeruk, serta kacang-kacangan, seperti almond dan jambu mete, yang kaya akan vitamin dan antioksidan.

Ada baiknya untuk situasi seperti sekarang ini hindari konsumsi makanan setengah matang atau mentah. Diet seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta minum cukup air, sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Olahraga yang Teratur

Olahraga dapat membantu kamu meningkatkan imunitas tubuh serta membuat tulang sehat dan kuat. Aktivitas fisik dinilai dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran udara. sehingga dapat mengurangi kemungkinan kamu terkena flu atau penyakit lainnya.

Olahraga menyebabkan perubahan antibodi dan sel darah putih (WBC). WBC adalah sel sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit. Antibodi atau sel darah merah ini bersirkulasi lebih cepat, sehingga mereka dapat mendeteksi penyakit lebih awal daripada sebelumnya. 

Kenaikan singkat suhu tubuh saat olahraga dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Kenaikan suhu ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dengan lebih baik. Kemudian, tidak kalah pentingnya, olahraga memperlambat pelepasan hormon stres. 

Hindari Keramaian dan Daerah Tinggi Risiko

Ada baiknya untuk momen-momen waspada seperti sekarang ini, kamu lebih waspada terhadap tempat keramaian serta menghindari daerah yang disinyalir sedang mewabah penyakit. Penggunaan masker bila diperlukan serta menerapkan kebersihan tubuh menjadi rutinitas penting. Cucilah tangan dan kaki secara teratur setiap kali bepergian. Hindari kontak fisik dengan orang asing ataupun orang yang sedang sakit.




Baca Juga Topik #kesehatan+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Serba-serbi

Guru! Lakukan 5 Tips Menjaga Kesehatan Ini

Selasa, 26 November 2019
Serba-serbi

5 Makanan yang Membantu Bakar Lemak Saat Tidur Malam

Ahad, 24 November 2019
Serba-serbi

Hindari Gigi Berlubang dengan 5 Langkah Ini

Senin, 06 Januari 2020
Serba-serbi

Cegah Tertular Virus Corona, Lakukan 5 Cara Ini

Rabu, 25 Maret 2020
Serba-serbi

Ini Bahaya Melihat Gerhana Matahari Tanpa Kacamata Khusus

Kamis, 26 Desember 2019