Logo Tirainews.com

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan 10 Olahraga Ini

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan 10 Olahraga Ini
ilustrasi (net)

Tirainews.com - Menurunkan berat badan bagi sebagian orang sangat sulit. Berbagai cara dilakukan, seperti diet ketat dan olahraga.

Berbicara tentang olahraga, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Apa saja olahraga yang bisa turunkan berat badan? simak penjelasannya.

1. Kickboxing

Kickboxing adalah olahraga seni bela diri yang memadukan gerakan menendang dan meninju, sehingga membutuhkan kekuatan fisik serta stamina prima.

Selain itu, gerakan kickboxing juga meliputi squat, lunge, ducks, dan lainnya yang membuat seluruh tubuh melakukan gerakan aktif.

Melansir Women's Health Magazine, olahraga kickboxing yang dilakukan selama 60 menit berhasil membakar sekitar 582-864 kalori.

2. Mendayung

Berikutnya ada olahraga mendayung yang latihannya biasa berlangsung di atas sungai, danau, atau laut.

Menurut penelitian yang diterbitkan Annals of Rehabilitation Medicine, mendayung dapat membantu menghilangkan lemak tubuh secara menyeluruh dan meningkatkan metabolisme.

Sekitar 481-713 kalori per jam kemungkinan bisa terbakar, karena gerakannya hampir melatih seluruh anggota tubuh hingga memompa jantung.

3. Sprint

Lari cepat atau sprint jadi salah satu olahraga yang cepat menurunkan berat badan. (istock/lzf)
Olahraga yang cepat menurunkan berat badan selanjutnya yaitu sprint atau lari cepat. Anda boleh menggunakan beban tambahan jika memang mampu.

Apabila ingin hasil yang maksimal, Anda bisa lakukan sprint 20 detik per hari secara berulang selama 1 jam dan boleh diberi jeda sesuai kemampuan.

Kira-kira dalam 60 menit, lari cepat mampu membakar sekitar 639-946 kalori. Anda dapat melakukannya setiap 3 kali dalam seminggu.

4. Berjalan

Olahraga yang satu ini memang sederhana. Tapi, untuk membantu menurunkan berat badan, sebaiknya Anda berjalan tanpa jeda selama 30-40 menit per hari.

Menurut penelitian Harvard Health, seseorang dengan berat badan 70 kilogram dapat membakar sekitar 167 kalori dengan berjalan selama 30 menit.

Untuk permulaan, Anda bisa lakukan minimal 30 menit selama 3-4 kali dalam sepekan. Jika sudah terbiasa, maka bisa tambah durasi menjadi 40-45 menit.

BACA JUGA: 6 Makanan Ini Ternyata Bisa Kurangi Lemak Badan

5. Bersepeda

Bersepeda termasuk olahraga fleksibel yang dapat dilakukan dalam atau luar ruangan. Durasi 30 menit bersepeda mampu membakar sekitar 300 kalori.

Menurut Harvard Health, orang yang bersepeda dengan bobot 70 kilogram dapat membakar 260 kalori selama 30 menit menggunakan kecepatan rata-rata 19-22 kilometer per jam.

Selain membantu menurunkan berat badan, bersepeda juga memberi manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

6. HIIT

High intensity interval training atau biasa disebut HIIT merupakan olahraga kardio intensitas tinggi yang dilakukan dalam durasi singkat, yaitu 10-30 menit.

HIIT mampu membakar kalori dan lemak tubuh lebih cepat sekitar 25-30 kalori per menitnya, dibanding olahraga lain.

Khusus bagi Anda yang ingin melunturkan lemak-lemak di perut, olahraga HIIT bisa menjadi pilihan.

7. Angkat beban

Latihan angkat beban menjadi salah satu olahraga favorit bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Harvard Health memperkirakan, seseorang dengan berat 70 kilogram dapat membakar 112 kalori per 30 menit ketika melakukan latihan angkat beban.

Tak hanya menurunkan berat, latihan angkat beban yang rutin juga berguna untuk meningkatkan massa otot.

8. Renang

Sebagai olahraga yang cepat menurunkan berat badan, renang dapat membakar jumlah kalori yang berbeda dari setiap gayanya. (iStockphoto/takoburito)
Renang termasuk salah satu olahraga yang dapat menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan jantung serta paru-paru.

Tapi, setiap gaya renang memiliki hasil pembakaran kalori yang berbeda. Misalnya, gaya punggung 30 menit membakar 298 kalori, sedangkan gaya kupu-kupu 409 kalori.

Gerakan saat renang juga bisa membuat aliran darah semakin lancar, sekaligus menjaga pernapasan lebih kuat dan panjang.

9. Yoga

Selain dikenal sebagai olahraga melepas stres, yoga juga menjadi olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan.

Latihan yoga mampu membakar 288 kalori yang sekaligus membantu pembentukan kekuatan otot tubuh.

Ketika Anda rutin melakukan yoga, biasanya tubuh akan ikut memberi sugesti untuk perbanyak konsumsi makanan sehat serta mengontrol diri supaya tidak makan berlebih.

BACA JUGA: Sarapan Sendirian Bisa Turunkan Berat Badan

10. Pilates

Hampir mirip dengan yoga, gerakan pada pilates umumnya menekankan pada kekuatan otot dan memperbaiki postur tubuh.

Pilates termasuk jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan, serta menyenangkan untuk dilakukan.

Saat ini, sudah banyak panduan melakukan pilates secara mandiri yang bisa dicoba. Tapi, jika ingin lebih maksimal, tidak ada salahnya bergabung dengan kelas khusus pilates.