Logo Tirainews.com

Rapat Bersama OPD, Walikota Pekanbaru Mantapkan Percepatan Kawasan Metropolitan Pekansikawan

Rapat Bersama OPD, Walikota Pekanbaru Mantapkan Percepatan Kawasan Metropolitan Pekansikawan

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar rapat percepatan kawasan metropolitan Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan), Senin (20/1/2020). Rapat itu dihadiri beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengatakan jajaran Pemko Pekanbaru mempersiapkan dokumen-dokumen tentang rencana kawasan metropolitan Pekansikawan. 

"Tentunya Pemda Kabupaten, kota dan provinsi yang dikoordinir oleh Pemprov Riau kita mesti cepat tanggap terhadap proses yang sedang berlangsung di pusat," kata Walikota. 

Walikota menyebut, dari 21 kawasan metropolitan baru yang sedang dipersiapkan pemerintah pusat, Pekansikawan berada diurutan 17. "Ini kita tidak bisa berpangku tangan dan menunggu. Tidak bisa," jelasnya. 

Kata Walikota, awal bulan lalu, Pemko bersilaturahmi dengan kementerian PUPR. Saat pertemuan itu, diakuinya partisipasi Pemda Pekansikawan masih kurang. 

"Kami juga diinformasikan bahwa komunikasi dari pemerintah daerah Pekansikawan sangat kurang. Maka sebab itu kita di jajaran Pemko Pekanbaru mempersiapkan semua," kata dia. 

Ia berharap, masing-masing Kabupaten kota yang tergabung dalam Pekansikawan juga ikut mendukung data-data. "Tentunya ini diharapkan masing-masing Kabupaten kota mendukung data-data yang dipersiapkan Pemprov Riau," kata dia. 

Kata dia, jika data-data tidak didukung dengan baik bisa jadi nanti tim pusat menganggap Pemko belum layak. Maka sebab itu, kata dia, Pekanbaru mempersiapkan diri apa yang menjadi data yang ada di Pemko Pekanbaru. 

"Maka tadi saya minta buk asisten II dan Asisten I untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Pemprov Riau, kita harapkan nanti tim dari daerah Riau dipimpin oleh Gubernur," jelasnya. (ADV)