Bumdes Karya Bersama Mandiri Launching Unit Tenda Maju Mandiri dan Gebyar Bagi Hasil USP

Rabu, 18 Maret 2020 - 10:00:29 WIB

Tirainews.com - Bertempat di halaman kantor Desa Tasik Serai Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis Riau, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Karya Bersama Mandiri, launching dan resmikan Unit Tenda Maju Mandiri, Selasa (17/3/2020).

Launching Unit Tenda Maju Mandiri yang berisikan peralatan musik tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Desa Tasik Serai dan didampingi oleh ketua PKK Tasik Serai.

Selain Launching Unit Tenda Maju Mandiri, Bumdes Karya Mandiri juga mengelar Gebyar bagi hasil Unit Simpan Pinjam (USP) Tasik Serai Mandiri. Diacara Gebyar tersebut, sejumlah pemanfaat terbaik dari USP mendapat hadiah.

Kepala Desa Tasik Serai, Sabar Manurung dalam Sambutannya menjelaskan, Launching yang digelar tentang tenda dan peralatan musik adalah suatu kebutuhan masyarakat didesa itu. Dikesempatan itu kades juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Bengkalis, pemprob Riau dan juga pemerintah pusat yang telah mengalirkan dana kepada desa yang dipimpinnya itu, sehingga masyarakat bisa berjalan dalam hal untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat desa Tasik Serai. 

Loading...

"Khususnya untuk desa ini alokasi dana kita pada tahun 2019 ada beberapa item yang dialokasikan yaitu, bankeu, ADD dan DD  Inilah yang kita gunakan untuk menunjang perekonomian dan menunjang sinergitas dari pada pemerintah didesa," ujarnya 

Kades Tasik Serai itu juga berharap kepada masyarakat pemanfaat dana USP, agar mempergunakan kesempatan yang diberikan pemerintah  dalam hal Simpan Pinjam, bagaimana tata cara kelola perekonomian dari pada keluarga kita, hal hal walau pun sedikit yang digulirkan oleh pemerintah desa, haruslah bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

"Untuk tahun depan, seluruh pemanfaat USP agar diundang sehingga diacara demikian ada suport pada pemanfaat yang kurang baik dalam pengembalian pinjaman," jelasnya.

Tujuan Bumdes adalah hal penunjangan ekonomi pada masyarakat yang salah satunya adalah menyerap tenaga kerja dari pada masyarakat. "Kepada Bumdes, ciptakan inofasi inofasi baru, mari bekerja sama selalu terlebih dengan pendamping desa dalam hal pembuatan admistrasi, sebab pendamping desa lah yang tau dasar dasar hukumnya," kata dia. 

"Dan kepada pengurus Bumdes, kita tidak boleh main main dalam bekerja. Mohon maaf kepada pengurus Bumdes apabila hal ini tidak maju, saya akan mencari orang orang yang berkompeten didalam ini atau orang yang berpikiran memajukan Bumdes, agar desa kita ini bisa menjadi desa yang maju dan desa yang mandiri," tambahnya.

Di awal sambutannya Khaidir S Sos salaku korcam PDE kecamatan Talang Muandau  memberi apresiasi kepada kades Tasik Serai terkait launching unit usaha baru yang ada didesa itu. Kepada pemanfaat dana USP, korcam PDE itu mengatakan kalau program USP adalah program perberdayaan ekonomi kemasyarakatan yang suptasinya bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kemajuan USP tentu kembali kepada kita semua. Kalau kita mau buat gebyar hadiah yang lebih meriah lagi, kuncinya cuma satu yaitu, tergantung kepada pengembalian pinjaman tepat waktu. Agar USP bisa lebih maju lagi," ujarnya

Agar USP bisa lebih baik lagi, pengelola juga harus mengatur menajemennya, diatur sebaik mungkin bagaimana pemupukan tingkat kesasaran bagi pemanfaat. Guna dana ini untuk pemberdayaan ekonomi dan jagan digunakan yang sifatnya konsuntif dan perlu diperketat saat verifikasi calon pemanfaat dan verifikasi besaran pinjaman yang diberikan.

"Kepada pengelola dibawah naungan Bumdes, tolong dimonitoring. Sebab disetiap tahunnya, akan dievaluasi seluruh pengelolanya. Jangan sampai para pengelola terjerat hukum. Kepada pengelola unit tenda, harus kreatif dan inovatif, bagaimana usaha ini bisa berkembang dan maju," harapnya.

Direktur Bumdes Karya Bersama Mandiri yakni, Rafisan. S. Kom kepada wartawan usai launching yang digelar menjelaskan, saat ini unit usaha yang dinaunginya berjumlah 3 unit usaha yang terdiri dari uaha berkembang dan usaha maju.

"Saat ini masih USP unit yang berkembang dan maju, dan unit berkembang yakni, unit tenda dan perbengkelan. Dan ditahun 2020 ini, kita juga akan launching toko bangunan. Mudah mudahan unit yang ada dan yang telah kita gagas, nantinya bisa berkembang dan maju," jelasnya.

Berikut nama pemaanfaat terbaik dari USP yang mendapat gebyar bagi hadiah yang mendapat masing-masing hadiah berupa 1 unit mesin pemotong rumput: 

1. Dewi Susanti 

2. Minoto

3. Hendrik H Sitimpul.




Baca Juga Topik #ekonomi+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+