Logo Tirainews.com

Gara-gara Virus Corona, Pendapatan Bus TMP Menurun 40 Persen

Gara-gara Virus Corona, Pendapatan Bus TMP Menurun 40 Persen
Foto : net

Tirainews.com - Pendapatan bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) menurun dari biasanya. Kondisi ini terjadi sejak wabah virus Corona 'menghantui' warga Kota Pekanbaru. 

Direktur Utama PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) Heri Susanto mengatakan,  ada pengurangan pendapatan sebesar 40 persen. Manajemen juga harus mengurangi jumlah bus yang beroperasi, dari 75 unit menjadi 49 unit saja. 

"Jumlah bus yang dikurangkan mencapai 35 persen. Dampaknya sangat besar. Ada penurunan pendapatan dari minggu lalu ke minggu ini mencapai 40 persen," kata Heri, Senin (23/3/2020). 

"Bisanya bisa mencapai Rp40 juta sampai Rp45 juta sehari, sekarang kisaran Rp22 juta sampai Rp30 juta saja," tambahnya. 

Manajemen juga mengatur jam operasional bus TM, biasanya jam operasional mulai dari pukul 05.00 Wib sampai pukul 21.00 Wib, mulai Rabu menjadi pukul 06.00 Wib sampai pukul 19.00 Wib. 

Ia mengimbau, pengguna jasa bus TMP tidak memaksakan diri berdesak-desakan di dalam bus. Ia juga mengimbau aga mengatur jarak dengan penumpang lain. 

"Sebaiknya pengguna TMP tidak berdesak-desakan di dalam bus, jaga jarak dengan penumpang lain. Selalu gunakan masker," imbaunya. 

Ia juga meminta masyarakat tidak khawatir saat menggunakan jasa bus TMP. Sebab, manajemen sudah menyiapkan disinfektan buatan untuk menjaga kebersihan angkutan umum itu.