Logo Tirainews.com

Ingin Tetap Sehat Selama Puasa? Tiga Langkah Ini Bisa Anda Coba

Ingin Tetap Sehat Selama Puasa? Tiga Langkah Ini Bisa Anda Coba
Foto : net

Tirainews.com - Bulan suci Ramadan 1441 H tinggal hitungan hari. Seluruh umat Islam yang sudah dewasa atau berakal diwajibkan untuk menjalani Ibadah Puasa. Seharian penuh, umat Islam diharamkan untuk makan dan minum. Selain itu, tentunya juga diwajibkan menahan hawa nafsu. 

Menurut pakar, berpuasa sangat bagus untuk kesehatan tubuh terutama jantung Anda. Peneliti juga menemukan bahwa puasa meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah di dalam jantung. Konsekuensi memang tubuh akan terasa lemas. Sebab, tubuh akan kehilangan energi saat tidak ada asupan makanan. 

Tapi jangan khawatir, banyak hal yang bisa Anda lakukan agar kondisi tubuh tetap bugar. Dan tentunya agar tetap sehat selama puasa. Berikut tiga tips yang bisa Anda lakukan selama menjalankan ibadah puasa :

Pertama, Makan dengan Porsi Normal 

Setelah berpuasa seharian penuh, tidak jarang kita berbuka puasa dengan makanan yang banyak. Sehingga, ketika selesai menyantap makanan berbuka puasa perut kita terasa penuh. Padahal, makan yang berlebihan saat berbuka puasa malah akan membuat kita sakit. 

Jadi, tidak perlu makan banyak. Makan saja secukupnya agar kondisi tubuh tetap sehat. Sehingga, Anda dapat menjalankan ibadah puasa keesokan hari dengan lancar. 

Selain makan secukupnya, tubuh Anda juga membutuhkan asupan vitamin. Vitamin ini bisa Anda dapat dari buah-buahan. Yang tidak kalah penting untuk tubuh adalah Vitamin C. Vitamin C sangat bagus untuk meningkatkan Imunitas. Hal ini akan membuat Anda tidak gampang sakit. 

Kedua, Batasi Makanan Manis 

Setiap berbuka puasa, kita pasti inginkan minuman yang manis dan dingin. Seperti teh es dan sebagainya, untuk menghilangkan dahaga selama seharian penuh berpuasa. Tapi, jika kebanyakan mengkonsumsi gula juga tidak baik bagi tubuh Anda. 

Jika kebanyakan mengkonsumsi gula, tidak jarang gula darah kita akan naik menjadi lebih tinggi dari biasanya. Hal ini tentu akan berdampak buruk pada kesehatan kita. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat puasa juga bisa bikin tubuh kita lemas di siang hari. 

Kondisi ini sering terjadi, karena gula hanya memberikan kita energi yang banyak dalam waktu sedikit saja dan setelah itu, kita akan merasa lemas, pusing, ngantuk, bahkan bisa mempengaruhi mood sehingga cepat marah. 

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi gula sama sekali saat menjalankan ibadah puasa. Pilihlah gula yang kadarnya seimbang. Banyak perusahaan memproduksi gula seperti ini.

Ketiga, Lakukan Olahraga Kecil 

Meski kita sedang berpuasa, bukan menjadi alasan untuk tidak olahraga sama sekali. Bagaimana pun, tubuh kita butuh gerakan-gerakan kecil sekalipun agar tetap sehat selama puasa. Tidak perlu olahraga berat. Ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa bikin badan kita tetap sehat tanpa menghabiskan tenaga terlalu banyak dan bikin kita lapar. 

Olahraga saat puasa bahkan bisa memberikan macam-macam manfaat untuk kita seperti menjaga kekuatan dan kebugaran tubuh sehingga kita tetap semangat beraktivitas. Supaya olahraga saat puasa tidak bikin kita kelaparan atau lemas, sebaiknya pilih waktu olahraga yang tepat. Yakni, sekitar 30-90 menit sebelum berbuka puasa sehingga setelah berolahraga kita bisa langsung mengisi perut dengan makanan dan minuman. 

Selain itu, jenis olahraga juga perlu kita perhatikan. Pastikan kita memilih olahraga yang intensitasnya ringan atau sedang aja seperti yoga, pilates, barre, renang, atau sepeda.