Logo Tirainews.com

Agar Transparan, Babinsa Koramil 08/Tandun Lakukan Pendampingan Pembagian BLT

Agar Transparan, Babinsa Koramil 08/Tandun Lakukan Pendampingan Pembagian BLT

Tirainews.com - Membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, salah satu kebijakan yang dilakukan pemerintah adalah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Seperti yang dilaksanakan di Desa Giti Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. 

Bertempat di Desa Giti, Babinsa Koramil 08/Tandun Sertu Rahman melaksanakan pendampingan pembagian BLT untuk masyarakat Desa Giti Kecamatan Kabun, Sabtu (16/05/2020).

Bantuan diserahkan langsung kepada penerima oleh Kepala Desa. Kegiatan tersebut juga dihadiri Camat Kabun Anang Perdana Putra S stp SP, Babinkamtibmas, Babinsa dan Perangkat Desa.

Serka Rahman mengatakan masyarakat yang mendapat BLT sebanyak 150 KK, per KK Rp600.000. “Bantuan ini diterima masyarakat selama tiga bulan. Terhitung mulai bulan April sampai bulan Juni 2020 dibagikan perbulan," terang Babinsa.

Kades H Wagiran menuturkan, BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) itu diberikan kepada masyarakat terdampak covid-19. Hanya saja, kriteria penerima tetap harus dipenuhi, warga yang dapat batuan BLT ini adalah ornag-orang yang terdampak covid -19.

“Bagi warga yang dapat batuan lansung dari pemerintah pusat seperti PKH dan sembako tidak bisa dapat BLT, begitu juga PNS dan prangkat desa tidak dapat sama sekali dikerenakan udah ada gaji dari pemerintah pusat,” ujar H Wagiran.

Ditambahkan Kades, bantuan ini diberikan kepada masyarakat miskin yang tidak terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH), Tidak memperoleh kartu sembako dan kartu pra kerja.

Selain itu, Penyaluran BLT ini adalah tahap pertama di bulan mei, yang disalurkan yakni sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga (KK),” pungkas Kades.