Logo Tirainews.com

Reaktif Saat Rapid Test Massal Covid-19, 10 Warga Tenayan Raya Diuji Swab

Reaktif Saat Rapid Test Massal Covid-19, 10 Warga Tenayan Raya Diuji Swab

Tirainews.com - Ratusan warga Kecamatan Tenayan Raya menjalani rapid test untuk mendeteksi Virus Corona atau Covid-19, Sabtu (30/5/2020). Hasilnya, ada 10 warga dinyatakan reaktif.

Ada dua titik lokasi dilaksanakan rapid test. Pertama di Kantor Camat Tenayan Raya dan Rusunawa Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya. 

"Ada 10 warga yang reaktif berdasarkan rapid test hari ini," kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldi Saragih. 

Lanjutnya, dari 250 alat yang disediakan di Kantor Camat Tenayan Raya, 129 warga yang mengikuti tes. Dua diantaranya dinyatakan reaktif. "Di Rusunawa Kelurahan Bambu Kuning, daei 250 alat test yang disiapkan. Total 149 orang yang diperiksa. Hasilnya 8 reaktif," jelasnya. 

Lanjutnya, untuk tindaklanjut, 10 warga yang reaktif sudah diambil swab. "Kesemuanya sudah diambil swabnya," jelasnya. 

Zaini menambahkan, rapid test yang digelar hari ini untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan juga untuk umum. Sebenarnya, Diskes berharap lebih banyak lagi warga yang datang untuk diperiksa. 

"Gunanya untuk menjaring yang Orang Tanpa Gejala (OTG). Sebenarnya kami berharap banyak yang datang periksa. Dan bisa mewakili dari masing-masing RW, walaupun kenyataannya banyak juga yang ragu atau takut untuk diperiksa," jelasnya.