Logo Tirainews.com

Pendaftaran Peserta Didik Baru di Pekanbaru Dibuka Juli, Ini Jadwalnya

Pendaftaran Peserta Didik Baru di Pekanbaru Dibuka Juli, Ini Jadwalnya
Ilustrasi (net)

Tirainews.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMP dan Sekolah Dasar (SD) di Pekanbaru dibuka tanggal 1 Juli hingga 7 Juli 2020. Sistem yang diterapkan masih sama seperti tahun lalu, yakni menerapkan zonasi. 

"Khusus untuk SD selain zonasi ditambah dengan persyaratan umur peserta didik yang mencukupi," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Rabu (3/6/2020). 

Lanjutnya, untuk masuk SMP, ada empat jalur yang bisa diambil. Yakni pertama warga tempatan atau zonasi dengan kuota 60 persen. Kemudian, jalur prestasi akademik dan non-akademik 20 persen. Lalu jalur afirmasi bagi warga miskin 15 persen. Dan terakhir jalur pindahan 5 persen, ini termasuk kuota bagi anak guru. 

Lanjutnya, aktivitas belajar pada saat new normal akan dimulai pada 13 Juli mendatang. Ini setelah Disdik Kota Pekanbaru menerima surat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait aktivitas belajar mengajar di sekolah. 

"Di masa new normal, nanti aktivitas belajar mengajar di tengah pandemi virus corona, kami sudah mempersiapkan segala hal.  Belajar mengajar nanti diberlakukan pada tahun ajaran baru sesuai perintah Kemendikbud," jelasnya.

Berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam masa Darurat Penyebaran Covid-19, maka belajar dari rumah untuk peserta didik diperpanjang dari 2 Juni hingga 18 Juni. 

Pendidik dan tenaga kependidikan kembali masuk sekolah pada 2 Juni hingga 20 Juni dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, yaitu selalu menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan dengan sabun. 

Dalam surat itu juga diatur terkait jadwal rapat kelulusan SMP, yang dijadwalkan pada tanggal 4 Juni. Sementara untuk pengumuman kelulusan peserta didik SMP pada 5 Juni mendatang. "Nanti pengumumanya melalui website, grup WhatsApp, Facebook, dan lain-lain. Intinya supaya bagaimana untuk tidak terjadi kerumunan," ungkapnya. 

Kemudian untuk tingkatan SD, rapat kelulusan SD dijadwalkan pada 13 Juni. Pengumuman kelulusan peserta didik SD pada 15 Juni, dan juga diumumkan melalui website, grup WhatsApp, Facebook, dan lain-lain.

"Libur akhir semester genap mulai 21 Juni hingga 12 Juli. Tahun ajaran baru dimulai pada 13 Juli," katanya. 

Ujian sekolah pun, dalam masa new normal ini dilakukan dengan cara pemberian tugas kepada peserta didik. Selain itu nilai ujian juga diambil dari nilai semester sebelumnya.