Logo Tirainews.com

Diumumkan Melalui WhatsApp, 17.629 Peserta Didik SMP di Pekanbaru Dinyatakan Lulus

Diumumkan Melalui WhatsApp, 17.629 Peserta Didik SMP di Pekanbaru Dinyatakan Lulus
Ilustrasi (net)

Tirainews.com - Kelulusan peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah diumumkan, Jumat (6/6/2020) sore. Tahun ini, ada 17.629 peserta didik yang dinyatakan lulus baik dari sekolah negeri, maupun sekolah swasta.

Pengumuman hasil kelulusan ini disampaikan melalui WhatsApp orangtua peserta didik. Kebijakan ini dilakukan agar tidak ada peserta didik berkumpul di sekolah melihat pengumuman kelulusan.

Kelulusan SMP sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester enam kelas IX dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas mengatakan, untuk nilai Ijazah masih menggunakan dua nilai pada halaman belakang Ijazah yaitu nilai rapor dan nilai hasil ujian sekolah, dilakukan ketentuan yakni nilai rapor diambil dari rata-rata semester satu sampai enam untuk siswa SMP.

Nilai ujian sekolah bagi SMP yang melaksanakan diambil dari nilai ujian sekolah. Sementara, untuk SMP sederajat yang tidak melaksanakan, nilai ujian sekolah diambil dari rata-rata nilai semester lima dan enam.

"Nilai semester enam terdiri dari ujian semester genap ditambah praktek dan penugasan. Sementara itu, jika dalam ijazah hanya menggunakan satu nilai maka digunakan rata-rata nilai semester satu sampai enam," jelas Ismardi, Jumat (5/6/2020).

Ia menambahkan, tahun ini kelulusan tidak memunculkan juara umum tingkat Kota Pekanbaru. Sebab, kelulusan berdasarkan nilai di sekolah. Dari data yang diterima Disdik Kota Pekanbaru, ada 168 sekolah baik negeri maupun swasta yang menamatkan peserta didiknya tahun ini.

"Data yang kita terima sejauh ini total siswa yang lulus 17.629 orang,'' jelasnya.

Ia merinci, dari 45 SMP negeri yang ada di Pekanbaru, 44 diantaranya meluluskan peserta didik di kelas 9 tahun ini. Satu sekolah, saat ini masih sampai kelas 7 yakni SMP 45. Seluruh peserta didik SMP negeri yang lulus tahun ini mencapai 10.556 orang.

Sementara itu, SMP swasta di Pekanbaru yang meluluskan peserta didik ada 92 sekolah, MTSN 3 sekolah, Mts swasta 28 sekolah dan SMP terbuka satu sekolah. SMP swasta dan Mts total menamatkan siswa 7.073 orang.

"Peserta didik SMP sederajat dilarang merayakan kelulusan, apalagi dengan konvoi kendaraan, begitu juga dengan corat-coret dan berkumpul. Jangan mencoreng pendidikan dengan merayakan kelulusan," tegasnya.