Logo Tirainews.com

Sore Ini Diumumkan, Peserta Didik SMP di Pekanbaru Diingatkan Jangan Rayakan Kelulusan

Sore Ini Diumumkan, Peserta Didik SMP di Pekanbaru Diingatkan Jangan Rayakan Kelulusan
Ilustrasi (net)

Tirainews.com - Sore ini, kelulusan peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Pekanbaru akan diumumkan. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru melarang peserta didik datang ke sekolah dan merayakan kelulusan. 

Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas mengingatkan agar peserta didik SMP tidak merayakan kelulusan. Apalagi lakukan konvoi dan mencoret seragam serta berkumpul merayakan kelulusan.

"Jangan sampai mencoreng pendidikan kita saat merayakan kelulusan, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu," kata Ismardi Ilyas, Jumat (5/6/2020). 

Ia menyebut, Disdik sudah mengumpulkan kepala sekolah beberapa waktu lalu. Saat pertemuan itu kepala sekolah diminta untuk mencegah peserta didik untuk tidak konvoi, mencoret seragam, bahkan diminta untuk tidak datang ke sekolah. 

" Pengumuman hasil kelulusan disampaikan langsung ke WhatsApp orangtua siswa. Kita mengumumkan secara online untuk mencegah para siswa berkumpul di sekolah," jelasnya. 

Meski melarang peserta didik datang, pengumuman kelulusan tetap ditempel di sekolah. Rencananya, kelulusan ini diumumkan pada pukul 16.00 Wib. 

"Bisa saja ada yang tidak lulus. Mungkin ada penilaian dari sekolah untuk tidak meluluskannya," jelasnya.

Ia menjelaskan, penentu kelulusan yaitu nilai rata-rata peserta didik selama lima semester. Kebijakan ini bagi sekolah yang tidak bisa menggelar ujian, lantaran dampak wabah Virus Corona atau Covid-19. 

"Jadi untuk SMP, nantinya menggunakan rata-rata nilai semester I hingga VI," jelasnya.