Logo Tirainews.com

Dugaan Pencemaran Lingkungan, Manajemen PKS PT PCR Sulit Dikonfirmasi

Dugaan Pencemaran Lingkungan, Manajemen PKS PT PCR Sulit Dikonfirmasi

Tirainews.com - Terkait dugaan pencemaran lingkungan, Manajemen Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Permata Citra Rangau, sulit dikonfirmasi oleh sejumlah awak media lokal yang tergabung dalam Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Bengkalis.

Pagi menjelang siang, tiga orang awak media lokal menyambangi PKS PT PCR yang berada di Jalan Gajah Mada KM 3,5 Kelurahan Talang Mandi, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Tujuannya, ingin konfirmasi pemberitaan ke manajemen PKS PT PCR demi berimbangnya pemberitaan sesuai amanat dari Undang Undang Pers Nomor 40 tahun 1999.

Di sana, awak media lokal  dihadang dan berhenti di Pos Satpam. Setelah melapor dan isi buku tamu, Satpam menguhubungi pimpinannya sesuai permintaan awak media lokal. "Manajer ada, tapi sibuk di dalam pabrik, humas juga tidak ditempat, lagi keluar", ujar Satpam singkat.

Padahal, konfirmasi dilakukan untuk memfasilitasi pihak PKS PT PCR yang diduga mencemari lingkungan yang viral sebulan belakangan ini. Namun, sampai berita ini ditulis tidak ada jawaban manajemen. 

Sekadar diketahui, PKS PT PCR tak jera terkait dugaan limbah yang mencemari lingkungan. Masalah limbah PKS PT PCR viral sebulan lalu. Saat itu anggota Komisi II DPRD Bengkalis turun ke lokasi pabrik dan mengambil sampel diduga limbah cair.

Anggota Komisi II DPRD Bengkalis bakal membawanya ke lab, untuk membuktikan limbah berbahaya atau tidak ke lingkungan. Dari situ, persoalan dugaan limbah viral di ranah publik. Apa lagi, hasil lab sampel limbah cair hingga kini tidak jelas ujung pangkalnya.