Kebakaran di Pelalawan Berhasil Dipadamkan Berkat Dashboard Lancang Kuning Polda Riau

Senin, 29 Juni 2020 - 22:42:08 WIB

Tirainews.com - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi Ahad (28/6/2020) di perbatasan Kecamatan Teluk Meranti dan Kecamatan Bunut. Dalam peristiwa itu 100 personil gabungan TNI Polri BPBD, Disbun, Manggala Agni RPK PT Arara abadi serta bantuan kekuatan personil dari PT SSS dan PT Adei diterjunkan untuk melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi Karhutla.

Pada Senin (29/6/2020) sekira pukul 08:15 Wib kepada Kapolsek Bunut AKP Rohani selaku Korlap Pemadaman menjelaskan bahwa titik api termonitor pada Ahad kemarin pukul 11.00 Wib hingga pukul 12.00 Wib. Tim telah berada di lokasi guna melakukan pemadaman. Senin pukul 04.00 Wib secara keseluruhan api sudah berhasil dipadamkan. 

Pendinginan sudah dilakukan, bergabung dengan personil Polres Pelalawan dan langsung dipimpin oleh Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK. "Lahan terbakar lebih kurang 4 hektar, respon dari pihak perusahaan sangat baik dalam menanggulangi kebakaran lahan ini  dibuktikan dengan diturunkannya helikopter sebanyak 2 unit, 4 alat berat berupa exavator, puluhan mesin dan ratusan Rol Slang air telah berada dilokasi untuk mendukung giat pendinginan," papar Kapolsek. 

Disamping itu tim TNI Polri gabungan Polres dan Polsek, BPBD serta Manggala Agni telah berada di lokasi sejak terjadi karhutla. Lokasi kejadian Karhutla dari jalan lintas Bono ke lokasi lebih kurang 4 Km.

Loading...

Lokasi Karhutla ini terletak di perbatasan antara Desa Pangkalan Terap Kecamatan Teluk Meranti dan Desa Merbau Kecamatan Bunut. "Hingga saat kita belum tau penyebab terjadinya Karhutla kami masih fokus melakukan pendinginan. Kepada rekan-rekan kami mohon doanya semoga pendinginan oleh Personil Gabungan di lapangan dapat berjalan lancar dan asap dapat segera hilang," terang AKP Rohani.

Giat pendinginan langsung dipimpin olek Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK dan didampingi Kabag ops Polres Pelalawan Kompol Daud Sianturi S Sos MSi, Kapolsek Bunut AKP Rohani SH MH dan Kapolsek Teluk Meranti Ipda Dimas Bimantoro SIK.

Kapolres Pelalawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personil tim Gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Disbun Kabupaten Pelalawan dan tim Manggala Agni yang telah berjibaku dan berusaha semaksimal mungkin untuk memadamkan karhutla kurang dari 1×24 jam.

"Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada pihak PT Arara abadi, PT SSS dan PT ADEI, yang tidak kalah pentingnya juga berkat bantuan dan informasi dari Dashboard Lancang Kuning Polda Riau. Aplikasi ini sangat membantu personil di lapangan karena ketika ada Hot spot atau Fire Spot dapat langsung termonitor oleh seluruh jajaran sehingga dalam waktu singkat personil dapat segera menuju lokasi untuk melakukan upaya pemadaman," kata Kapolres. 

Kapolres juga mengingatkan seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar dan pihak perusahaan agar meningkatkan kembali patroli secara rutin di daerah rawan terjadi karhutla. 




Baca Juga Topik #Peristiwa+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+