Logo Tirainews.com

Terpantau Aplikasi Lancang Kuning, Titik Api di Teluk Meranti Berhasil Dipadamkan

Terpantau Aplikasi Lancang Kuning, Titik Api di Teluk Meranti Berhasil Dipadamkan

Tirainews.com - Polsek Teluk Meranti, jajaran Polres Pelalawan, Selasa (23/3/2021) kembali melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terpantau oleh Aplikasi Lancang Kuning Polda Riau.

Kali ini, titik pemadaman berlokasi di areal kebun masyarakat yang ada di wilayah Kelurahan Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Kapolsek Teluk Meranti Ipda Dymas B Bimantara menjelaskan, begitu mendapatkan adanya informasi titik api di Aplikasi Dashboard Lancang Kuning, pihaknya langsung melakukan verifikasi di lapangan dengan membawa peralatan yang dibutuhkan.

Dari tinjauan yang dilakukannya di lapangan, pihaknya kemudian mengkonfirmasi adanya kebakaran lahan. Namun, untuk menjangkau lokasi, petugas harus melawati Medan yang sulit diakses. Pasalnya, titik api berbatasan dengan lahan perkebunan masyarakat.

“Ini sudah menjadi tugas kita bersama untuk melakukan pemadaman apabila terjadi Karhutla,” ujar Ipda Dymas.

Dari pemadaman titik api dan pendinginan yang dilakukan tim, kata Kapolsek, pihaknya memastikan kondisi lahan terbakar sudah aman. Hanya saja, di sisa lahan terbakar masih meninggalkan asap kecil.

“Alhamdulillah pendinginan yang kita lakukan sudah selesai dan sisa api sudah dipadamkan. Hanya saja masih ada asap kecil yang masih muncul,” ucapnya.

Dalam kegiatan itu, Kapolsek mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap Karhutla. Ia juga menegaskan agar masyarakat atau perusahaan untuk tidak membuka lahan secara membakar.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, apabila menemukan titik api agar segala melapor ke tim Karhutla Polsek Teluk Meranti,” pungkasnya.