Logo Tirainews.com

Ada Beruang di Koto Gasib Siak, 7 Ayam Warga Dimangsa

Ada Beruang di Koto Gasib Siak, 7 Ayam Warga Dimangsa
Ilustrasi (net)

Tirainews.com - Seekor Beruang meresahkan warga Kampung Sengkemang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak. Tujuh ekor ayam milik warga setempat dikabarkan dimangsa. 

Serangan beruang ini dikabarkan terjadi pada Ahad (5/7/2020). Kepala Bidang Wilayah II BKSDA Riau, Heru Sumantoro, Senin (6/7/2020) mengatakan sudah menindaklanjuti kejadian ini. Pihaknya langsung mendatangi lokasi.

''Setelah dicek kelapangan, benar adanya kemunculan beruang di pemukiman penduduk,'' terang Heru.

Hasil pengecekan, pada beberapa kulit pohon manggis di sekitar pemukiman warga ditemukan adanya bekas cakar beruang.

Selain itu, di sekitar kandang ayam warga juga ditemukan adanya sisa bangkai ayam yang dimangsa beruang.

''Tim yang turun ke lapangan, sudah berkoordinasi dan melakukan pengecekan ke lapangan dengan Penghulu dan masyarakat Kampung Sengkemang terkait adanya laporan satwa beruang masuk ke pemukiman penduduk,'' terang Heru. 

Lalu, dari hasil meminta keterangan warga. Beruang disebutkan berjumlah dua ekor (induk dan anak).

Warga juga menyebutkan, beruang itu sudah tiga hari berkeliaran di sekitar pemukiman dan pertama kali muncul.

''Warga mengaku melihat beruang pada malam Kamis (2/7/2020) sampai terakhir kali terlihat pada subuh tadi di belakang rumah salah satu warga,'' beber Heru. 

Selain menemukan bekas cakaran di kandang ayam, dan di pohon manggis. Tim juga menemukan sarang beruang (tempat tidur) di belakang salah satu rumah warga. 

''Agar tidak terjadi konflik antar warga dan beruang. Tim menghimbau masyarakat untuk tidak panik, selalu berhati-hati dan menghubungi petugas jika beruang muncul kembali,'' kata Heru. 

Selain itu, tim masih berkoordinasi dengan Penghulu Kp Sengkemang dan akan mengupayakan pemasangan perangkap di lokasi kemunculan beruang.