Terjerat di Kebun Sawit Warga, Beruang Madu Berhasil Diselamatkan

Jumat, 02 Juli 2021 - 12:45:22 WIB

Tirainews.com - Tim Sapu jerat dan penanganan konflik Taman Wisata Alam Sungai Dumai Balai Besar KSDA Riau bersama Resort Dumai menyelamatkan seekor Beruang Madu (Helarctos Malayanus) yang terjerat di kebun warga Desa Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Kronologisnya, pada 30 Juni 2021, tim yang melakukan operasi jerat dan penanganan konflik, mendapat laporan adanya satwa yang diduga seekor Beruang madu terjerat di semak belukar dekat kebun sawit warga yang berada di sekitar TWA Sungai Dumai.

"Saat itu warga mendengar suara auman satwa dikawasan tersebut," kata Kepala Bidang KSDA Wilayah II Heru Sutmantoro, Jumat (2/7/2021).

Lanjutnya, kemudian warga melaporkan langsung ke tim yang saat itu sedang melakukan operasi sapu jerat dan langsung menuju ke lokasi untuk memastikan jenis satwa yang terjerat. Saat tiba di lokasi, tim menemukan seekor Beruang Madu dalam kondisi terjerat.

Loading...

"Ketika ditemukan kondisi beruang madu terlihat sedikit lemas dan diduga satwa tersebut terjerat sudah lebih dari 24 jam," jelasnya.

Melihat kondisi satwa agak sedikit lemas, tim kemudian melakukan upaya penyelamatan secara manual dan segera memutuskan tali nilon yang menjerat kaki kanan depan beruang madu dengan menggunakan dodos.

"Kondisi kaki satwa yang terkena jerat tidak begitu parah, saat tali jerat terputus beruang madu langsung lari kedalam hutan," tambah Heru. 

Pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melukai atau membunuh satwa yang dilindungi undang-undang termasuk Beruang Madu. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak memasang jerat di sekitar kawasan tersebut.

"Kita meminta secara sukarela kepada warga yang memasang jerat babi hutan di kebun sawit mereka untuk membongkar jeratnya dan membuat surat pernyataan untuk tidak memasang jerat yang dapat membahayakan satwa dilindungi," pungkasnya. 




Baca Juga Topik #Peristiwa+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+