Logo Tirainews.com

Ada Kemunculan Gunung Tertinggi di Dunia, Begini Penampakannya

Ada Kemunculan Gunung Tertinggi di Dunia, Begini Penampakannya

Tirainews.com - Lockdown lantaran pandemi Virus Corona atau Covid-19 di seluruh dunia berdampak baik terhadap alam. Gunung-gunung tertinggi dunia menampakkan diri, termasuk Gunung Everest.

Sebuah fenomena tak biasa terjadi di Nepal, yang merupakan rumah dari banyak gunung tertinggi dunia. Merujuk media Nepal 8th Wonder, Rabu (8/7/2020), baru-baru ini sejumlah gunung tertinggi di Nepal menampakkan diri sekaligus.

Lewat sebuah jepretan foto dari Samde Sherpa di Kathmandu, tampak jelas foto barisan Pegunungan Himalaya tanpa halangan awan. Fenomena itu mungkin terjadi akibat tiadanya polusi dan cuaca yang cerah.

Dalam foto itu, tampak jelas Gunung Gaurishankar Himal, Everest, Annapurna II, III, IV, Lamjung W dan Lamjung Himal. Kemudian di sisi lain, juga ada Gunung Kanguru, Himchuli W, Baudha, Ngadichuli dan Manaslu E. Sayang, tak dijelaskan dengan detail perihal waktu pengambilan fotonya.

Fenomena serupa pernah terjadi di India tiga dasawarsa lalu. Akibat lockdown yang terjadi saat itu, Pegunungan Himalaya bahkan tampak dari Punjab, India yang berjarak 200 Km dari Nepal.

"Ini pertama kali dalam hampir 30 tahun, saya bisa melihat jelas Himalaya setelah India menerapkan lockdown. Lockdown membersihkan polusi udara, menakjubkan," ujar salah satu pengguna Twitter, Manjit Kang.

Fenomena kemunculan Himalaya itu terjadi setelah pabrik-pabrik tutup, mobil tak lagi berkeliaran di jalan, dan pesawat tak lagi mengudara.

Sekiranya fenomena ini menjadi pengingat akan perbuatan manusia pada alam. Ketika manusia berhenti beraktivitas akibat COVID-19, alam pun mendapat waktu untuk kembali bernafas.

Agar, jangan cuma gunung-gunung di atap Nepal yang terlihat, namun gunung-gunung di sekitar kita juga bisa menunjukkan raganya tanpa gangguan pencemaran udara.