Logo Tirainews.com

Polsek Bunut Imbau Masyarakat Sekitar untuk Antisipasi Karhutla

Polsek Bunut Imbau Masyarakat Sekitar untuk Antisipasi Karhutla

Tirainews.com - Meski beberapa hari ini intensitas curah hujan mulai meningkat dan merata di seluruh wilayah hukum Polsek Bunut, Polres Pelalawan, Kapolsek Bunut AKP Rokhani beserta anggota tetap melakukan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Patroli pencegahan Karhutla ini dilaksanakan di wilayah hukum Polsek Bunut, Polres Pelalawan, Jum'at (21/8/2020). Kondisi lahan gambut kering di Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan menyebabkan vegetasi kering sangat mudah terbakar dan tersebar dengan cepat meski hanya sedikit saja terkena percikan api jika lambat ditangani di musim kemarau. 

Maka dari itu, kata dia, penting dilakukan kegiatan patroli pencegahan karhutla di musim hujan sebagai tindakan antisipatif saat musim kemarau tiba. "Selain Patroli di lokasi yang rawan terbakar dan bekas terbakar personil polsek Bunut juga melakukan himbauan Maklumat kapolda Riau kepada masyarakat," kata Kapolsek. 

Kapolsek mengimbau seluruh masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar. Apabila menemukan masyarakat yang dengan sengaja maupun tidak sengaja membuka lahan dengan cara membakar agar memberitahukan kepada petugas Bhabinkamtibmas. 

Lanjutnya, aplikasi Dashboard Lancang Kuning sangat membantu untuk mengatasi karhutla. "Melalui aplikasi ini, kita dapat mengetahui informasi karhutla secara akurat untuk mendeteksi titik koordinat hotspot sehingga kegiatan Patroli karhutla dapat dilaksanakan secara terarah," ungkap Kapolsek Bunut.

Aplikasi ini juga dapat menjadi rujukan untuk memobilisasi petugas di lapangan, peralatan dan sumber daya lain yang digunakan untuk keperluan pemadaman.