Logo Tirainews.com

Dinaikkan Akhir Tahun, DLHK Pekanbaru Kesulitan Capai Target

Dinaikkan Akhir Tahun, DLHK Pekanbaru Kesulitan Capai Target
Agus Pramono (net)

Tirainews.com - Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru hingga kini mencapai Rp6 miliar.

Jumlah itu sudah melewati target awal sebesar Rp5,2 miliar. Namun, menjelang akhir tahun, target PAD di instansi itu dinaikkan menjadi Rp27 miliar.

"Kita sudah capai Rp6 miliar lebih. Di APBD Perubahan 2020, tiga bulan terakhir ditambah (target) menjadi Rp27 miliar," kata Kepala DLHK Kota Pekanbaru Agus Pramono, Kamis (24/12/2020).

Menurutnya, jika dilihat dari target awal pihaknya sudah melampaui target Rp1 miliar lebih. Namun, dengan perubahan menjadi Rp27 miliar diperkirakan tidak capai target hingga akhir tahun ini.

"Dilihat dari tren kenaikan capaian realisasi, mungkin saya diberi kepercayaan untuk dikejar (Rp27 miliar). Ditambah targetnya, susah dikejar karena sudah di penghujung tahun," jelasnya.

Kata dia, untuk mencapai target tersebut, DLHK menurunkan 200 orang petugas untuk melakukan pemungutan retribusi sampah. DLHK juga bekerjasama dengan RT/RW ataupun pemuda setempat dalam pemungutan tersebut.

Ia menilai, perangkat RT/RW dan pemuda setempat itu adalah orang yang tahu dengan warga dan lingkungannya. Ia mencontohkan, warga yang sering di rumah dan jarang di rumah, RT/RW ataupun pemuda pasti tahu kapan warganya berada di rumah. Sehingga petugas pemungut dari DLHK perlu koordinasi dengan mereka.

"Untuk itu, kita tidak bisa bekerja sendiri. Tapi harus ada kerja sama semua pihak mulai dari warga maupun Ketua RT dan RW," kata dia.

Ia mengungkapkan, saat ini ada dua perusahaan pemegang jasa pengangkutan sampah di Pekanbaru. Pertama PT Godang Tua Jaya (GTJ) bertanggung jawab di zona I, yang meliputi Kecamatan Tampan, Payung Sekaki dan Marpoyan Damai.

Kedua PT Samhana Indah bertanggung jawab mengangkut sampah di zona II yang meliputi Kecamatan Sukajadi, Senapelan, Pekanbaru Kota, Limapuluh, Sail, Bukit Raya dan Tenayan Raya. Sementara di Kecamatan Rumbai Pesisir dan Rumbai dipegang langsung oleh DLHK Pekanbaru.