Logo Tirainews.com

Polres Pelalawan dan Instansi Terkait Gelar Rakor, Ini yang Dibahas

Polres Pelalawan dan Instansi Terkait Gelar Rakor, Ini yang Dibahas

Tirainews.com - Polres Pelalawan bersama Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) dan pihak Perusahaan Swasta menggelar rapat koordinasi (Rakor) pengadaan Alat Test Swab PCR dan stock obat-obatan dalam rangka penanganan Covid-19 di Aula Teluk Meranti Polres Pelalawan, Rabu (7/7/2021).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK didampingi oleh para Forkopimda Kabupaten Pelalawan beserta tamu undangan yakni Bupati Pelalawan diwakilkan oleh Wakil Bupati Pelalawan, H. Nasaruddin, SH, MH, dan Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan diwakilkan oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pelalawan, Syafrizal, SE.

Dalam rapat tersebut Wakil Bupati Pelalawan mengatakan, saat ini telah terjadi peningkatan kasus Covid-19 di wilayah Provinsi Riau dan kondisi yang cukup memprihatinkan di wilayah Jawa dan Bali sehingga Presiden RI menetapkan status PPKM darurat di wilayah tersebut.

Berdasarkan fakta dan menyikapi fenomena tersebut di wilayah Kabupaten Pelalawan khususnya diharapkan peranan aktif dari pihak perusahaan swasta, seperti hal pengadaan alat dan perlengkapan laboratorium test Swab PCR dan obat-obatan.

Terhadap perusahaan dari PT. RAPP, PT. Musim Mas, PT. Serikat Putra, PT. Gandaerah Hendana, PT. Intiindosawit Subur, PT. Surya Bratasena Plantation. "Sehingga dengan pengadaan alat dan obat tersebut dapat mempercepat identifikasi kasus serta mempercepat penanganan Covid-19  di wilayah Kabupaten Pelalawan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko menyampaikan, rapat ini dilakukan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dalam hal pengadaan Swab PCR dan obat-obatan.

Berdasarkan data penyebaran Covid-19 terdapat kondisi zona penyebaran. Adapun yang melatarbelakangi gagasan pengadaan Swab PCR di tingkat Kabupaten Pelalawan yakni, keakuratan hasil test terhadap masyarakat yang diduga tertular Covid-19. 

"Hal ini juga merupakan salah satu langkah percepatan Identifikasi penyebaran Covid 19 di wilayah Kabupaten Pelalawan," kata Kapolres.

Berdasarkan hasil analisa kelemahan dalam penanganan Covid-19 yakni masih minim dan masih belum efektifnya pelaksanaan 3T ( Testing, Tracing and Treatment ). 

Dilanjutkan, berdasarkan anev tersebut, Kapolres berharap dukungan dan peranan dari perusahaan swasta untuk dapat merealisasi pengadaan Swab PCR dan pemberian bantuan berupa obat-obatan dalam rangka penanganan Covid-19. 

Selanjutnya, Ia juga berharap hal tersebut dapat direalisasikan 1 minggu ke depan hari Selasa, (13/7/21) karena selanjutnya akan didistribusikan ke pihak dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pelalawan dan disebar di Puskesmas se Kabupaten Pelalawan.

"Hal ini kita lakukan bersama semata-mata demi kemanusiaan dan keberlangsungan hidup masyarakat pada masa pandemi Covid-19," tegas Kapolres Pelalawan.