Logo Tirainews.com

10 Pemain Indonesia dengan Nilai Jual Tertinggi, Siapa Paling Mahal?

10 Pemain Indonesia dengan Nilai Jual Tertinggi, Siapa Paling Mahal?
10 Pemain Indonesia dengan Nilai Jual Tertinggi | Foto. bola.net

Tirainews.com - Tahun 2022, nilai jual pemain Indonesia tak banyak berubah. Nilai jual atau market value dalam ilmu ekonomi berarti sebuah harga aset di pasaran. 

Di dalam sepak bola diartikan sebagai rekaan harga transfer seorang pemain. Ini hanya angka perkiraan dan bukan nilai sesungguhnya. Salah satu media yang konsentrasi mengenai persoalan ini adalah Transfermarkt. Pusat data asal Jerman ini secara berkala memperbarui nilai pasar pemain dari seluruh dunia.

Berikut ini adalah nilai pasar tertinggi pemain Indonesia per 7 Januari 2021. Perlu diketahui data nilai pasar ini terakhir kali diperbarui pada 14 dan 26 Desember 2021.

Marc Klok

Pemain Persib Bandung berdarah Belanda namun sudah memiliki paspor Indonesia ini menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi yakni 450 ribu euro atau setara Rp7,3 miliar (1 euro: Rp16 ribu).

Asnawi Mangkualam Bahar

Pemain yang baru mendapat perpanjangan kontrak dari Ansan Greeners ini punya nilai pasar sebesar 375 ribu euro atau setara Rp6,1 miliar. Pada Juni 2021 harga pasar Asnawi masih 350 ribu euro.

Stefano Lilipaly

Berikutnya ada pemain Bali United, Stefano Lilipaly. Harga pasar Lilipaly adalah 350 ribu euro atau Rp5,6 miliar. Harga pasar gelandang enerjik ini turun dari 450 ribu euro pada 2018.

Pratama Arhan

Salah satu pemain yang harga pasarnya sangat cepat meroket adalah Pratama Arhan. Hanya dalam durasi enam bulan sudah mencapai 325 ribu euro atau Rp5,2 miliar, dari sebelumnya 250 ribu euro.

Evan Dimas

Harga pasar kapten Timnas Indonesia Evan Dimas tak mengalami kenaikan atau penurunan. Harganya tetap bertahan di angka 325 ribu euro atau setara Rp5,2 miliar sejak meninggalkan Persija.

Ezra Walian

Striker Persib yang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Ezra Walian harga pasarnya juga bertahan di angka 325 ribu euro. Kenaikan harga pasar Ezra terjadi saat tinggalkan PSM.

Ilija Spasojevic

Berikutnya ada striker naturalisasi yang sedang membela Bali United, Ilija Spasojevic. Sama dengan Ezra dan Evan, harga pasar Spasojevic bertahan di angka 325 euro sejak tahun lalu.

Febri Hariyadi

Pemain Indonesia dengan harga pasar 325 ribu euro adalah Febri Hariyadi. Sejatinya penampilan winger lincah Persib ini menurun, tetapi harga pasarnya tak mengalami penurunan.

Osvaldo Haay

Jika nilai pasar Febri statis, tidak demikian dengan winger Persija Osvaldo Haay. Kini nilai pemain asal Papua tersebut 300 ribu euro atau Rp4,8 miliar, dari sebelumnya 325 ribu euro.

Adam Alis

Terakhir Adam Alis. Nilai pasar gelandang serang ini adalah 300 ribu euro. Pemain lain yang punya nilai pasar sama adalah Irfan Jaya, Nadeo Argawinata, Ricky Fajrin, dan Rachmat Irianto.